ASUS ZenPad 8.0 Z380KL Tablet 8 Inchi Untuk Hiburan Multimedia

ZenPad 8.0 Z380KL
ASUS punya sejarah yang bagus di tablet. Sedikit ke belakang, tablet Nexus pertama Google merupakan buatan ASUS. Demikian juga dengan generasi kedua tablet Nexus yang berukuran 7 inchi sehingga tidak mengherankan jika ASUS cukup fokus menghasilkan tablet yang bagus, salah satunya adalah ZenPad 8.0 Z380KL, tablet 8 inchi yang ditujukan untuk hiburan multimedia.

ASUS ZenPad 8.0 Z380KL diperkenalkan menjelang penghujung tahun 2015. ASUS ZenPad 8 Z380KL muncul sebagai varian baru yang menawarkan berbagai fungsi dan hadir dengan desain revolusioner yang lebih intuitif. Konsep yang hadir kali ini tak sekedar menyajikan tablet dengan kinerja lebih baik, namun juga memberikan fleksibilitas fungsi dan gaya melalui desain back cover yang bisa diganti-ganti sesuai kebutuhan.

Kehadiran ASUS ZenPad 8.0 menyempurnakan generasi tablet ASUS terdahulu yang tetap membawa berbagai kelebihan. Kini ASUS ZenPad 8.0 tampil lebih mempesona dan juga lebih bertenaga dengan spesifikasi dan fitur yang mendukung teknologi terdepan. Selain terfokus untuk menunjang pekerjaan sehari-hari, ASUS ZenPad 8.0 juga menyediakan sarana hiburan  yang belum pernah disajikan produk sekelasnya.

Spesifikasi

Asus ZenPad 8.0 Z380KL memiliki spesifikasi sebagai berikut:

Brand
ASUS
Model Name
Zenpad 8.0 Z380KL
Operation System
Android TM 5.0 Lollipop
Display
8-inch IPS HD Panel wih ASUS Tru2Life Technology WXGA(1280x800), 216 Pixel per inch. ASUS TruVivid Full lamination technology IPS with 178 degree wide view angle Super Anti-Scratch Corning® Gorilla® Glass. 10 finger multi-touch, Anti-finger Coating, 76,5% screen to body ratio. Zen Motion support Touch Gesutre
CPU
Qualcomm MSM8929 Snapdragon 615 Octa-Core Processor  1,3GHz
64-bit, support 3D graphic
Graphics
Adreno 405
Memory
32-Bit Single channel LPDDR33GB RAM
Storage
32GB+ 16GB of ASUS WebStorage(5 GB for life+ 11GB for the 1st year)
Connectivity
WiFi 802.11 b/g/n - Bluetooth 4.0 with A2DP, aptX - Wi-Fi Direct - Support Miracast
Network Standard
4G-LTE: 2100 (1) / 1900 (2) / 1800 (3) / 850 (5) / 2600 (7) / 900 (8) / 800 (2)
3G-WCDMA : 900/2100/850/1900
2G : EDGE/GSM:850/900/1800/1900
Camera
Rear Camera : 8MP,Auto-Focus, F2.0, PixelMaster Camera for brighter photo and video up to 400% with low light mode, Zero Shutter Lag(rear),720p@30fps video recording, IR filter, Beautification, Panorama, HDR
Front Camera
Front Camera: 2MP with 140-degree wide-angle selfies and beautification mode
Audio
1 x Front Speaker  with DTS HD Premium Sound  MP3, AAC, AAC+, 3AAC+, MIDI, WAV, FLAC, DTS
Interface
1x MicroUSB 2.0 wiith USB host support. 1x2-in-1 Audio Jack (Headphone/Mic-in). MicroSD card support up to 128GB SDXC, Single Micro SIM
Battery
10,5 hours battery life. 15,2Wh, 4000 mAh.  Li-polymer battery
Navigation
GPS/A-GPS/GLONASS
Sensor
Accelerometer/G-sensor/E-compass/Light Sensor/Hall Sensor/Proximity Sensor
Colors
Premium embossed leather patterns                                                                                                     Leather Black, Pearl White, Aurora Metallic
Dimension
209(W) x 123 (L) x 8,5(H) mm
Weight
350 g
User Interface
ASUS ZenUI 2.0 with over 1000+ software enhancement
(What's Next, ZenLink, Kids Mode, ASUS Splendid, etc
Video
Playback :1080p@30fps, Format : MP4, M4V, 3GP, 3G2, AVI, MKV, WEBM

Dari spesifikasi tersebut terlihat bahwa ASUS ZenPad 8.0 Z830KL memiliki spesifikasi yang sangat baik. RAM yang diberikan cukup besar dan jarang ada di tablet yang lain sekelasnya, yaitu 3GB plus ROM atau memori internal yang besar, yaitu 32GB. Selain itu kamera belakang juga sangat bagus dengan kekuatan 8 megapiksel serta kamera depan sebesar 2 megapiksel. 

Desain 

Bila kita lihat, ASUS ZenPad 8.0 Z380KL ini memiliki aspect ratio 4:5 yang membuatnya terlihat layaknya desain iPad. Saya rasa aspect ratio 4:5 ini sangat cocok untuk hiburan multimedia karena layar tablet terlihat seperti kotak yang enak dilihat.

Untuk memenangi persaingan dengan begitu banyak kompetitor, ASUS merancang ZenPad 8.0 Z380KL dengan cita rasa yang berbeda. Kesan menarik yang pertama dihadirkan adalah melalui finishing back cover dengan kontur ala kulit yang memberikan kesan mewah dan juga enak saat digenggam. Pendekatan desain inilah yang dilakukan ASUS pada tablet ZenPad 8.0 Z380KL sehingga membawa tablet akan tampak sebagai kebiasaan membawa dompet atau tas jinjing dan terlihat tetap bergaya.

Daya tarik lain yang ditampilkan dalam desain ZenPad 8.0 Z380 adalah potongan sudut tablet yang membulat dan sangat nyaman digenggam dengan ketebalan hanya 8,5mm. Meski bukan yang paling tipis namun bentuk ini sudah sangat ergonomis untuk kemudahan saat dipakai dan juga mudah diselipkan dalam tas. Desainer ASUS juga memasangkan frame metal disepanjang pinggiran tablet.
Sisi tumpul ergonomis

Frame metal tersebut menggunakan sistem pelapisan dengan teknologi Non-Conductive Vacuum Metallization (NCVM). Hasilnya, tablet terlihat mewah,bergaya, sekaligus juga menampakkan kesan kokoh. Frame ini juga membantu bagian tepi layar menahan tekanan dari tangan atau benda lain kala dimasukkan dalam tas.

Untuk diingat ASUS ingin menampilkan filosofi desain ZEN yang mengkombinasikan harmonisasi keindahan bentuk dan fungsi penting dari sebuah produk serta kekuatan fisik. Karakter ZEN di ZenPad 8.0 Z380KL  akan terlihat dari garis yang bersih, desain yang unik, serta kontur elegan yang membuatnya berbeda dibanding produk lainnya. 

Dari sisi cover belakang, ASUS menghadirkan cover yang bisa diganti-ganti di ZenPad 8.0 Z380KL. Umumnya tablet hadir dengan bentuk unibody yang sehingga back cover tidak bisa dilepas-pasang. ZenPad 8.0 Z380KL  terbilang unik di mana back cover bisa dilepas-pasang dengan berbagai casing fungsional sesuai kebutuhan penggunanya.  ASUS sengaja menghadirkan konsep yang berbeda agar pengguna ZenPad 8.0 Z380KL mendapatkan sesuatu yang baru dan tidak banyak ditawarkan oleh tablet umumnya. Pergantian back cover ini meliputi beberapa model yakni Zen Clucth, Zen Case, Power Case, dan Audio Cover.

Zen Clucth merupakan cover dengan material kulit yang memberi kesan premium yang juga memunculkan desain lipatan layaknya sebuah agenda atau dompet tangan. Desain cover lipat ini juga memudahkan penggunaan tablet kala difungsikan untuk mengetik atau nonton film.
Zen Clutch

Zen Case merupakan  pilihan cover punggung dalam 5 warna atraktif yang bisa dilepas-pasang. Cover seperti ini menjadikan tablet seperti halnya smartphone yang lebih sering berganti back cover sehingga penampilannya lebih segar.

Zen Case

Power Case (CB81) merupakan cover yang juga berupa baterai tambahan kapasitas 4330mAh sehingga memperpanjang masa pakai tablet mencapai 16 jam alias meningkat 175%. Bisa dibilang, ASUS Power Case ini layaknya sebuah powerbank. Kerennya, Power Case bisa terintegrasi ke tablet melalui mekanisme back cover sehingga tetap terlihat sebagai sebuah kesatuan tablet, bukan seperti tablet yang terhubung dengan power bank.

Zen Power Case

 Hardware

Untuk menjalani setiap aktivitas komputasi mobile, ASUS ZenPad 8.0 Z380KL dibekali prosesor Qualcomm 1,3GHz yang memiliki 8 inti (quad-core) 64-bitSelain prosesor utama yang kencang, ZenPad 8.0 Z380KL juga mengusung RAM 3GB untuk memuluskan berbagai tugas komputasi dan juga multi-tasking atau menjalankan banyak apliksi secara bersamaan. 

RAM yang cukup besar ini akan sangat membantu kinerja sistem secara keseluruhan dan pengguna akan dapat merasakan peningkatan proses yang jauh lebih baik dibandingkan gadget dengan RAM 1GB ataupun 2GB. Guna mendukung penggunaan beragam aplikasi pun disertakan pula ruang memori internal 32GB, jumlah yang ideal untuk sistem Android baru, penguna pun bisa lebih leluasa meng-install bermacam aplikasi tanpa perlu cemas kehabisan ruang simpan. Kalaupun masih butuh storage, pengguna bisa menambahkan kartu memori microSD hingga kapasitas 128GB pada tablet ini.

Tidak lupa, ASUS memberikan baterai 4000 mAh untuk menopang kinerja ZenPad 8.0 Z380 ini. Dengan baterai sebesar ini ZenPad dapat digunakan seharian.

Layar

Sebagai tablet yang ditujukan untuk hiburan multimedia, layar tablet dengan kualitas terbaik merupakan prasyarat yang harus dipenuhi. Sebagaimana terlihat di spesifikasi di atas ZenPad 8.0 Z380KL memiliki layar 8 inchi IPS HD Panel dengan ASUS Tru2Life Technology WXGA (1280x800) dengan kerapatan 216 pixel per inch. Layar tersebut juga dilengkapi dengan ASUS TruVivid full lamination technology IPS dengan 178 degree wide view angle plus dilapisi super anti-scratch Corning® Gorilla® Glass. Spessifikasi layar tersebut bisa dikatakan sangat baik untuk tablet dengan harga tiga jutaan rupiah. 

178 degree wide view angle

Demi kenyamanan pandang pengguna, ASUS telah merancang perbandingan layar terhadap body (screen to body ratio) di ZenPad 8.0 Z380KL sebesar 76,5% tanpa harus menambah lebar tablet. Trik ini dilakukan dengan cara mempersempit lebar tepi (bezel) hingga mencapai 6mm saja. Hal ini membuat tablet ZenPad 8.0 Z380KL tampak lebih ramping dibandingkan tablet 8 inci yang pernah ada.

Untuk memberikan pengalaman visual terbaik ASUS menghadirkan teknologi VisualMaster di ZenPad 8.0Z380KL yang melibatkan software dan hardware guna mengoptimalkan seluruh aspek tampilan, termasuk kontras, ketajaman, warna, kejernihan dan kecerahan. Teknologi yang juga diimplementasikan pada beberapa jajaran Zenbook ini bertujuan memberi tampilan yang cemerlang dan detil serta menghadirkan fitur display terbaik untuk kebutuhan pengguna. 

Salah satu komponen dari VisualMaster adalah penggunaan panel IPS yang memberikan sudut pandang lebar hingga 178 derajat. Hal ini memungkinkan pengguna tetap dapat melihat tampilan layar dengan akurasi warna yang jelas  dari berbagai arah.

ASUS Splendid
Komponen selanjutnya adalah Splendid yang dapat mengatur intensitas warna yang ditampilkan ke layar sesuai kebutuhan. Fitur ini membolehkan pengguna mengatur ketajaman dan level suhu warna terbaik menurut pengguna. Pada tablet ini sendiri sudah disediakan 4 mode warna yang bisa dipilih yakni Balance, Blueligth Filter, Vivid, dan Customized (diatur tersendiri).


ZenPad 8.0Z380KL juga dilengkapi fitur Bluelight Filter. Pada dasarnya, filter ini jika diaktifkan akan meminimalkan hingga 30% kekuatan warna biru pada layar tanpa memengaruhi warna lainnya. Penurunkan intensitas cahaya biru ini akan mencegah mata cepat lelah saat melihat/membaca layar tablet untuk waktu yang lama. Fitur ini sengaja dihadirkan mengingat pengguna seringkali memakai tablet dalam jangka waktu yang lama untuk bekerja maupun bermain. Bluelight filter juga sangat bagus bagi mata anak-anak yang sering menggunakan tablet orang tuanya. Nantinya dengan Bluelight filter mata anak akan terangsang untuk mengantuk sehingga tidak terlalu lama di depan tablet.

Fitur VisualMaster selanjutnya adalah teknologi ASUS TruVivid yang berguna dalam meningkatkan kejernihan sekaligus respon sentuhan pada layar. Teknologi ini memangkas desain layar dengan 6 lapisan menjadi hanya 2 lapisan melalui sistem laminasi penuh. Desain ini menghilangkan lapisan udara dan menggabungkan kaca terluar dengan panel sentuh sehingga tampilan warna akan lebih presisi dan cerah (>94%) dibandingkan desain layar konvensional yang seringkali memudarkan warna aslinya.

Teknologi TruVivid
Aspek visual lain di ZenPad 8.0 Z380KL adalah fitur ASUS Tru2Life yang memanfaatkan teknologi terkini pada prosesor pengolah grafis untuk menghadirkan detail dan ketajaman yang akurat. Teknologi ini menciptakan sistem kontras yang cerdas di mana setiap gambar yang akan dimunculkan dianalisis terlebih dulu agar tiap piksel dioptimalkan sebelum ditampilkan. Hasilnya, gambar yang tampil memiliki tingkat kontrasnya hingga 200% lebih baik. TeknologiTru2Life juga mampu mendeteksi kondisi cahaya sekitar untuk kemudian melakukan pengaturan display agar pengguna tetap nyaman memandang layar tablet meski ditengah terik matahari.  

Dengan Tru2Life

Tanpa Tru2Life
Audio dan Audio Cover

Audio Cover
Sebagai perangkat hiburan multimedia, misalnya untuk menonton Netflix atau film yang diunduh dari Google Play, teknologi suara terkini sama pentingnya dengan teknologi layar. Untuk itu, ASUS menghadirkan teknologi suara yang bisa dikatakan selangkah di depan dibandingkan kompetitornya.


ASUS ZenPad 8.0 Z380KL membawa kelebihan khusus dengan teknologi khas SonicMaster guna menghadirkan suara sejernih kristal yang detil baik melalui speaker maupun headphone.

Tablet ZenPad 8.0 Z380KL telah dibekali teknologi DTS-HD Premium Sound untuk mengubah suara stereo menjadi suara surround virtual (suara dari banyak arah) sehingga suasana akan lebih realistis. Suara surround ini bisa dinikmati hingga 360 derajat penuh dengan memakai headphone. ZenPad 8.0 Z380KL merupakan tablet pertama didunia yang mengusung teknologi DTS-HD yang umumnya muncul di perangkat premium.

Untuk meningkatkan kemampuan audiol ebih lanjut, ASUS juga menyertakan aplikasi AudioWizard yang menawarkan konfigurasi khusus sesuai kebutuhan pengguna. Di sini pengaturan audio akan dioptimalkan ketika pengguna ingin nonton film, bermain game, atau merekam percakapan. Selain itu, fitur Smart  akan memberi setting terbaik tanpa harus repot mengaturnya secara manual.
Audio Wizard

Untuk keperluan hiburan lebih lanjut ASUS memberikan inovasi menarik di ZenPad 8.0 Z380KL, yaitu audio cover. ASUS Audio Cover (CA81) yang merupakan back cover dengan speaker surround 5.1 terintegrasi pertama di dunia khusus untuk tablet ZenPad. Di dalam back cover seberat 142,5 gram ini terdapat 5 buah speaker mini dan sebuah subwoofer untuk menghadirkan tata audio lebih realistik dari tablet ZenPad 8.0 Z380KL. Audio Cover ini  juga mengusung baterai yang mampu memainkan audio hingga 6 jam yang juga berfungsi sebagai dudukan tablet. Speaker eksternal ini cocok digunakan untuk mereka yang butuh output audio lebih bertenaga saat ZenPad 8.0 Z380KL digunakan untuk keperluan multimedia.

Kamera dan Video

Lensa ZenPad 8.0Z380KL
Selama ini vendor tidak terlalu peduli dengan fitur kamera di tablet. Hal ini karena kamera di tablet dianggap sebagai fitur yang tidak terlalu penting. Namun tidak demikian halnya dengan ASUS ZenPad 8.0 Z380KL. 

ZenPad 8.0 Z380KL dibekali kamera untuk aktivitas fotografi ringan dengan kamera depan 2MP dan kamera belakang 8MP (autofocus). Kerennya, di tablet ini sudah mengadopsi teknologi kamera PixelMaster yang menghadirkan banyak keunggulan. Dengan PixelMaster pengguna akan mendapatkan kemudahan dalam berfoto. Kamera berteknologi PixelMaster akan membantu pengguna mendapatkan gambar yang detail, warna lebih alami, dan tangkapan cahaya yang lebih peka dalam suasana gelap. Fitur PixelMaster juga menggabungkan 4 pixel yang didapat dari sensor menjadi 1 pixel dengan kualitas tinggi dimana hasil pencahayaannya akan 4x lipat lebih terang dan kontras warna meningkat 2x lipat.

Kamera utama/belakang ZenPad 8.0 Z380KL hadir dengan 16 mode foto dan 8 mode untuk kamera depan. Masing-masing mode ini menawarkan kemampuan unik dalam fotografi seperti  Low-Light untuk memotret dalam pencahayaan rendah,  HDR  untuk menghasilkan foto lebih cemerlang,  serta Beautification untuk meningkatkan kualitas foto portrait/wajah saat selfie.

HDR

Low Light

Selfie Panorama
Pengguna yang gemar berfoto bersama teman-teman akan menemukan manfaat asyik di mode  Selfie yang dapat menjangkau rentang foto panorama hingga 140 derajat melalui kamera depan. Fitur ini memudahkan pengguna mendapatkan area foto yang luas sehingga banyak orang yang bisa masuk dalam fokus foto.

Untuk pengguna yang ingin membuat tampilan foto jadi lebih kreatif dan menarik tentu akan senang dengan aplikasi built-in  MiniMovie dari ASUS. Aplikasi ini memungkinkan pengguna menggabungkan berbagai foto untuk dijadikan film mini yang makin menarik dengan tambahn musik pengiring. Anda juga bisa menambahkan teks informasi dan juga langsung membagikannya  melalui media sosial seperti email, cloud, hingga YouTube.

ZenUI

ASUS ZenPad 8.0 Z380KL merupakan tablet berbasis Android Lollypop dengan antarmuka menarik ZenUI dari ASUS. Penggunan antarmuka ZenUI ini akan mempermudah pengguna bernavigasi dalam menggunakan tablet. 

Diterapkannya ZenUI pada sistem Android membuat jajaran produk mobile ASUS tampil berbeda dibandingkan kompetitor. Konsep ZenUI dirancang agar tiap navigasi menjadi lebih efisien, menampilkan sentuhan icon-icon bergaya flat moderen, warna-wana cerah, animasi, ringtone, dan notifikasi terbaru. ZenUI hadir dengn 35 aplikasi ter-install pada ZenPad 8.0 Z380KL.

Satu lagi fitur menarik yang sebelumnya hanya terdapat pada smartphone kini juga telah muncul pada tablet ZenPad 8.0 Z380KL. Fitur tersebut adalah  ZenMotion. Dengan ZenMotion pengguna bisa langsung mengaktifkan fungsi/aplikasi tertentu cukup dengan melukiskan kode huruf di layar meskipun tablet dalam kondisi layar off.  

Kesimpulan:

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan 10 alasan kenapa pengguna semestinya memilih ZenPad 8.0 Z380KL sebagai tablet untuk tujuan multimedia, yaitu sebagai berikut: 

  1. Tablet ASUS ZenPad 8.0 Z380KL merupakan tablet pertama di dunia dengan back cover yang bisa diganti-ganti, termasuk ditandem dengan sistem audio dan baterai eksternal tambahan.
  2. Tampilan layar ultra realistik seperti halnya pada TV model high-end dengan warna cemerlang dan kontras yang tajam. Anda pun bisa langsung menghubungkan display tablet ke Smart TV melalui konkesi Miracast atau DLNA.
  3. Tablet perdana di dunia yang bisa ditandemkan dengan modul audio surround 5.1 berteknologi DTS-HD untuk menghadirkan tata suara mantap.
  4. Layar 8 inchi beresolusi HD 800x1280 pixel dengan area pandang 76,5% dari keseluruhan body. Layar ini pun diperkuat lapisan Gorilla Glass untuk mencegah goresan benda tajam.
  5. Desain kompak dalam dimensi 209x123x8,5 mm dan bobot hanya 350 gram sehingga nyaman digenggam.
  6. Baterai internal dengan daya tahan pemakaian 10,5 jam. Dengan modul ASUS Power Case pun membuatnya mencapai pemakaian hingga 16 jam.
  7. Dual kamaera untuk memudahkan pengguna membuat foto dan video. Dukungan teknologi PixelMaster pun membantu menghasilkan image yang bagus.
  8. Antarmuka ZenUI yang baru dan segar serta menyediakan banyak kustomasi agar tablet  tampil lebih personal.
  9. Dukungan jaringan Internet 3G dan 4G serta ruang penyimpan eksternal yang mendukung hingga 128GB.
  10. Pilihan warna menarik (hitam, putih, aurora metalik) dengan kontur kulit yang  elegan.

Tertarik dengan ZenPad 8.0 Z380KL? Silahkan kunjungi link INI.

Comments

Popular posts from this blog

Kisah Tukang Sapu yang Kehilangan Sapunya

Bisnis Jual-Beli Organ Tubuh Manusia

Di Jalan Surabaya, Berburu CD Bekas Premium