ASUS Zenfone Laser ZE500KL, Smartphone 4G LTE Premium Harga Murah

Kecenderungan pengguna smartphone Indonesia menyukai smartphone dengan harga yang bersahabat, tetapi fiturnya bagus. Hal ini memaksa vendor untuk memutar otak untuk memadukan fitur yang bagus dengan harga yang tidak mahal. Untuk vendor sekelas ASUS mereka melahirkan ASUS Zenfone Laser ZE500KL, smartphone dengan layar HD 720p yang sangat bagus secara fitur, tetapi dengan harga murah.

Dalam beberapa hari terakhir, saya menggunakan Zenfone Laser ZE500KL sebagai smartphone utama untuk berbagai kegiatan sehari-hari. Artikel berikut merupakan pengalaman hands on selama beberapa hari tersebut.







Spesifikasi

Model
ASUS Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL
CPU
Qualcomm Snapdragon 410 quad core 64-bit 1,2GHz
GPU
Adreno 306 400MHz
RAM
2GB RAM
Storage
16GB + 5GB ASUS Webstorage gratis
Micro SD
Yes (up to 128 GB)
Connectivity
WLAN 802.11 b/g/n, BT 4.0 with A2DP, Wifi Direct, Super FastWi-FI Hotspot Capability (Tethering), MicroUSB (USB OTG), 35 mm earjack
Network
Dual Antenna untuksinyallebihbaik
4G LTE Cat4 Download speed hingga 150Mbps
LTE band 1 (2100), 2 (1900), 3 (1800), 5 (850), 7 (2600), 8 (900), dan 20 (800) MHz
SIM Card
Dual Micro-SIM Support
Navigation
GPS, BDS, GLONASS
Display
5 inci super bright IPS HD 720x1280 with 178’ wide view angle, 294 ppi, ASUS TruVivid Full Screen Lamination Technology
Super Scratch Corning Gorilla Glass 4
Ultra sensitive touch panel with glove touch support, ASUS ZenMotion support Touch and Motion gesture (termasuk tap-tap untukmembukadanmenguncilayar)
Video
Video Recording MPEG-4 1080 @30fps
Playback MPEG-4 up to 1080p
Battery
Lithium-Polimer 2070 mAh
Main Camera
13 Megapixel laser autofocus dengan waktu fokus kurang dari 0.03detik. Diafragma besar f/2.0 5 element Largan Lens, dual tone flash, PixelMaster Camera untuk foto dan video lebih terang hingga 400%
Front Camera
5 Megapixel Autofokus dengan diafragma besar f/2.0, selfie panorama up to 140’
Sensor
Accelerometer/Ambient Light/Proximity/E-Compass/Hall Sensor
Audio
Dual Microphone dengan Noise Cancellation, ASUS SonicMaster untuk suara lebih jernih dan bass lebih dalam dengan 5 magnet sound chamber
OS
Android 5.0 Lollipop dengan ASUS ZenUI 2.0 dengan lebih dari 1000+ peningkatan fitur (What’s next, PC Link, Share Link, Quick Access, ASUS Splendid, dll)
Apps
Google App, ASUS Sync, Mycloud, File Manager, Mylibrary, Supernote
BBM &Whatsapp Ready
Dimension
143,7x71,5x(10,5~3,5) mm
Weight
145g
Warna
Pure Black, Glamour Red, Ceramic White, Hairline Gold, Hairline Silver
Price
Rp2.099.000

ASUS Zenfone Laser ZE500KL ini secara spesifikasi menurut saya sangat bagus bila dibandingkan dengan berbagai merek lain. Dengan kamera belakang 13 megapiksel dengan laser focus menjadikan smartphone sangat cepat untuk menemukan fokus foto. Selain itu, teknologi layarnya juga sangat  bagus dengan adanya  ASUS TruVivid Full Screen Lamination Technology. 

Bila kita lihat RAM-nya juga sudah standar di 2GB dan ROM 16GB yang bisa diekspansi hingga 128GB. Tambahan lain yang cukup menarik adalah gratis penyimpanan cloud Google Drive 100GB selama dua tahun untuk setiap pembelian ASUS Zenfone Laser ZE500KL. 

Secara spesifikasi di atas, kamera belakang 13 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel merupakan kelebihan yang patut dipertimbangkan calon pembeli. Apalagi bila dilihat lebih jauh, terutama kamera belakang memiliki banyak sekali fitur, misalnya Manual, Auto, HDR, Deep Field, Low Light dan banyak lagi. Fitur-fitur kamera ini sangat berguna bagi pengguna yang ingin menghasilkan foto bagus dari smartphone. Tambahan lagi ASUS Zenfone Laser ZE500KG ini sudah memiliki koneksi 4G LTE untuk berbagai band. Jadi bisa kompatibel dengan berbagai operator 4G LTE di Indonesia.

Secara hardware, ASUS membenamkan prosesor Qualcomm Snapdragon 410 quad core 1,2 GHz 64 bit di ASUS Zenfone 2 Laser ZE500KL ini plus GPU Adreno 306. Pilihan ini adalah pilihan mainstream, di mana sangat banyak vendor yang menggunakan prosesor serupa sehingga Zenfone Laser ZE500KL ini tidak tertinggal dibandingkan dengan vendor lain.

Berikut ini foto-foto Unboxing ASUS Zenfone Laser ZE500KL:





Putih Zenfone Laser ZE500KL(4G LTE)
Merah Zendone Laser ZE500KG (3G)






Perlu diingat, jika Anda memiliki ASUS Zenfone Laser ZE500KG (3G) sebelumnya, bentuk dan desain ASUS Zenfone Laser ZE500KL (4G) sangat identik dengan Zenfone Laser ZE500KG (3G) tersebut. Jadi secara desain tidak ada yang berbeda. Perbedaan terletak pada koneksi 4G LTE dan ukuran megapiksel kamera, di mana ASUS Zenfone Laser ZE500KL memiliki koneksi 4G LTE dan kamera 13 megapiksel.

Hands On

Seperti biasa hands on ditujukan untuk melihat impresi awal dari sebuah smartphone baru. Selama pemakaian beberapa hari, ASUS Zenfone ZE500KL ini menunjukkan kapabilitasnya sebagai smartphone yang sangat layak dibeli. Ada beberapa alasan untuk hal tersebut.

Pertama, meskipun ber-body plastik, namun desainnya sangat bagus dan bisa dikatakan premium dengan bagian belakang melengkung mengikuti kontur telapak tangan. Hal ini membuat Zenfone Laser ZE500KL sangat enak digenggam. Desain ini juga telah memenangkan award, yaitu IF Award 2015. Selain itu, built quality Zenfone Laser ZE500KL ini sangat baik, seperti smartphone ASUS lainnya. Smartphone tidak terlihat rapuh atau terlalu mudah untuk jatuh dari tangan.

Kedua No Lag. Sejauh saya menggunakan untuk kegiatan sehari-hari seperti bermedia sosial dan mengambil foto dan bermain game Asphalt Nitro tidak ditemukan lag meskipun terkoneksi ke internet dan membuka aplikasi lain. 

Ketiga kemampuan kamera yang jauh meningkat dibandingkan Zenfone Laser ZE500KG. Kamera belakang 13 megapiksel dengan laser focus sangat cepat menemukan fokus dan saya bisa mengabadikan momen lebih cepat.

Hal lain yang saya rasakan selama pemakaian beberapa hari adalah beberapa fitur yang dibawa oleh ZenUI 2.0 seperti auto start manager yang bisa dimanfaatkan untuk menghemat pemakaian baterai. Untuk layar dengan kualitas HD 720p tentu saja tidak mencolok, tetapi teknologi ASUS TruVivid mampu memaksimalkan layar sehingga terlihat bagus. Tambahan fitur Gorilla Glass 4 untuk melapisi layar membuat layar Zenfone Laser ZE500KG ini tahan goresan dan merupakan nilai plus yang lain.

Sejauh ini saya belum menggunakan koneksi 4G, masih menggunakan WiFi dengan pemakaian lebih ditujukan ke media sosial dan mengambil beberapa foto sehingga baterai bisa bertahan dalam 24 jam. Hal ini akan sangat berbeda nantinya jika pemakaian lebih ekstensif dan menggunakan koneksi 4G LTE.

Untuk foto, sebagaimana sering saya katakan di artikel yang lain di blog bahwa saya sangat menyukai fitur Deep Field di kamera ASUS. Fitur ini membuat saya bisa belajar mengambil foto dari jarak dekat dengan baik yang menurut opini saya cukup baik. Hal yang sama saya rasakan di ASUS Zenfone Laser ZE500KL. Berikut ini merupakan contoh foto yang saya ambil dengan menggunakan ASUS Zenfone Laser ZE500KL.






Kesimpulan

Bagi pengguna yang ingin merasakan smartphone dengan koneksi 4G LTE yang ramah di dompet, ASUS Zenfone Laser ZE500KL ini sangat layak untuk dibeli. Fitur yang diberikan ASUS di Zenfone Laser ZE500KL ini sangat baik, sedangkan harganya hanya Rp2.099.000. Bagi pengguna yang tidak ingin smartphone dengan layar terlalu lebar, Zenfone Laser ZE500KL ini juga bisa dipertimbangkan karena layarnya hanya 5 inchi. 

Comments

Popular posts from this blog

Kisah Tukang Sapu yang Kehilangan Sapunya

Bisnis Jual-Beli Organ Tubuh Manusia

Di Jalan Surabaya, Berburu CD Bekas Premium