Google Tool The Six Degrees of Kevin Bacon


Kevin Bacon. Anda mungkin cukup familiar dengan nama aktor Hollywod tersebut. Omong-omong saya salah satu fans Kevin Bacon, perannya di Mystic River sangat bagus menurut saya. Sayangnya meski sudah malang melintang di berbagai film Hollywood, ia tidak pernah menang Oscar. Bahkan ketika Sean Penn di Mystic River mendapatkan Oscar, ia tak dapat apa pun. Begitulah, namun saya tetap seorang yang sangat suka dengan aksi aktor Hollywood ini.

Nama Kevin Bacon dua hari terakhir menggema kembali. Bukan lewat film, tetapi melalui mesin pencari Google. Google secara resmi meluncurkan sebuah tool yang disebut The Six Degrees of Kevin Bacon, sebuah tool yang tentu saja sangat terkait dengan Kevin Bacon dan kiprahnya di Hollywood.
Kevin Bacon, sumber: dailyoftheday.com

The Six Degrees of Kevin Bacon merupakan tool yang bisa mengkalkulasi hubungan aktor dan aktris dan Kevin Bacon yang tidak pernah memperoleh nominasi di Academy Award. Tool ini menunjukkan hubungan tertentu antara seorang aktor atau aktris dengan Kevin Bacon. Seperti kita ketahui, ada anggapan di Hollywood bahwa setiap artis atau aktor pernah punya hubungan dalam film dengan Kevin Bacon apakah itu dalam satu film atau film tertentu di mana seorang artis atau aktor dihubungkan dengan Kevin Bacon melalui aktris atau aktor lainnya. Ini berarti dalam skala Hollywood Kevin Bacon adalah The Center of Universe, artinya setiap aktris atau aktor Hollywood pasti ada hubungannya dengan Kevin Bacon mengingat kiprahnya yang sangat panjang di Hollywood.

Coba kita uji beberapa nama artis dan aktor melalui mesin pencari Google.com berikut ini.
1347690579353601901347690604863926977
Dari pencarian yang saya lakukan di atas masing-masing aktor dan aktris memilikibacon number 2. Ini berarti baik Amanda Bynes maupun Bruce Willis tidak pernah satu film dengan Kevin Bacon. Mereka dihubungkan oleh orang lain kepada Kevin Bacon, Amanda Bynes melalui Emma Stone yang bermain bersamanya dalam filmEasy A dan bermain bersama Kevin Bacon di film Crazy, Stupid, Love.  Bruce Willis juga demikian, tidak pernah satu film dengan Kevin Bacon, ia dihubungkan oleh Bill Murray yang bersama Bruce Willis di Moonrise Kingdom dan Wild Things bersama Kevin Bacon. Dari hasil pencarian tersebut, baik Emma Stone maupun Bill Murray memiliki bacon number 1 karena terhubung langsung dengan Kevin Bacon (tidak melalui aktris atau aktor lain). Makin besar bacon number makin jauhlah hubungan aktor atau aktris atau siapa saja dengan Kevin Bacon.

Tool The Six Degrees of Kevin Bacon ini pada dasarnya merupakan bagian  Six Degrees Separation, sebuah ide yang menyatakan bahwa setiap dua orang di bumi rata-rata memiliki enam hubungan kenalan yang terpisah. Tool ini juga bisa diartikan sebuah trivia game berdasarkan konsep The Small World Phenomenon yang menyatakan bahwa setiap aktris atau aktor di industri film Hollywood dapat dikaitkan kepada Kevin Bacon dalam enam langkah.

Small World Phenomenon merupakan konsep yang juga bisa dipakai dalam melihat hubungan di media sosial dimana orang-orang yang terlibat di dalamnya dapat diketahui dengan melihat enam orang temannya. Misalnya anda dengan pacar anda, paling tidak masih ada enam orang lagi yang berada di dalam hubungan anda dengan pacar anda tersebut sehingga pada dasarnya hubungan anda dengan pacar anda dapat diketahui dari enam orang tersebut.

Tool ini tentu saja bermanfaat bagi mereka yang ingin melihat Kevin Bacon dan kiprahnya di Hollywood. Selain itu, tool ini mampu menunjukkan aktor dan aktris yang terkait dengan Kevin Bacon serta film-film yang mereka bintangi. Saya sendiri sangat menyukai tool ini karena mampu menambah pengetahuan saya seketika tentang film-film yang selama ini tidak ada dalam daftar tonton.

Dipilihnya Kevin Bacon tidak lain karena aktor ini cukup menarik perhatian. Kevin Bacon mulai berkarier di Hollywood di tahun 1978. Aktor kelahiran tahun 1958 ini telah membintangi berbagai film layar lebar dan film televisi. Di film layar lebar ia tidak pernah dinominasikan untuk meraih Academy Award meskipun sangat banyak film yang ia bintangi.  Oleh karena kariernya yang sangat panjang di Hollywood, ada anggapan setiap aktris atau aktor pasti pernah terkait dengan Kevin Bacon. Mungkin sesuatu yang berlebihan, Kevin Bacon dianggap The Center Of Universe dalam skala Hollywood. Namun melihat hasil pencarian yang saya lakukan, setidaknya bisa dibuktikan bahwa Kevin Bacon memang selalu terkait dengan berbagai aktris dan aktor di Hollywood.

Andapun dapat mencoba tool ini untuk melihat berbagai aktor dan aktris lain dan tingkat hubungannya dengan Kevin Bacon dengan cara menuliskan bacon number lalu nama aktor dan aktris yang ingin anda lihat. Mesin pencari anda harus google.com. Selamat mencoba

Comments

Popular posts from this blog

Bisnis Jual-Beli Organ Tubuh Manusia

Kisah Tukang Sapu yang Kehilangan Sapunya

Di Jalan Surabaya, Berburu CD Bekas Premium