Belajar Kaya dari Natalie Tran di YouTube

Natalie Tran, sumber: tuoitrenews.vn
Internet mungkin harus dimasukkan sebagai salah satu dari Seven Wonders. Dengan jangkauan tanpa batas, internet telah menggubah perilaku, kebiasaan, dan cara orang dalam melakukan bisnis. Internet, terutama Google menjadikan bumi menjadi kecil sekaligus sangat luas dalam detik yang hampir sama. Membuat banyak orang kaya baru dan bintang baru, hampir tanpa pernah diperkirakan sebelumnya.

Internet dalam skala luas tentu tidak hanya Google, namun ada juga Twitter, Facebook dan masih banyak lainnya. Namun bila melihat kepada hasil balik atau pendapatan yang diberikan kepada pengguna internet umumnya, Google dan situs yang dimiliknya seperti YouTube memberikan hal lebih baik dibandingkan banyak situs lain sepeti Facebook atau Twitter.

Hal yang perlu anda ketahui, hampir semua potensi pendapatan yang akan anda peroleh di internet, biasannya hanya modal dengkul alias gratisan. Program periklanan seperti AdSense hanya mewajibkan anda memiliki blog, demikian juga dengan YouTube. Anda dipersilahkan membuat akun, membuat channel anda sendiri dan bekerja sama dengan Google untuk meng-generate pendapatan dari aktifitas anda melalui progran periklanan yang sudah disediakan.

Contoh bagus bagi anda untuk melihat keberhasilan video blogger adalah Natalie Tran asal Australia. Wanita cantik asal Sydney, Australia ini memiliki channel sendiri yang ia sebut Community Channel. Channel-nya telah ditonton lebih dari 440 juta orang di YouTube. Profil Natalie Tran telah muncul di Forbes sebagai sebuah keajaiban baru di YouTube.
Tidak itu saja, ada banyak orang yang beroleh sukses karena menjadi video blogger di YouTube. Situs kompas.com yang mengutip news.com.au melaporkan bahwa makin banyak warga Australia yang memilih pensiun dari kerja dan kemudian menjadi video blogger di YouTube. YouTube telah merekrut puluhan ribu warga Australia menjadi mitra dan mereka mendapat bayaran setiap kali video mereka ditonton orang. Mereka yang terkenal bisa mendapat penghasilan sampai ratusan ribu dolar setiap tahun.

Penghasilan tersebut didapat dari iklan yang muncul sebelum klip video dan juga iklan-iklan di halaman video tersebut. Walaupun bayarannya hanya 1 sen dolar per klik, namun bila video anda ditonton oleh ratusan ribu hingga jutaan, maka penghasilan anda makin lama makin besar. Coba anda kalikan, video Natalie Tran yang berjudul How to Fake a Six Pack telah ditonton lebih dari 34 juta. Bila dikalikan dengan 1 sen dollar tentu saja jumlahnya sangat besar.

  Bila kita lihat dan teliti video yang dibuat oleh Natalie Tran, pada dasarnya video tersebut bukanlah sesuatu yang istimewa sebenarnya. Artinya video tersebut merupakan hal remeh-temeh yang biasa kita lakukan setiap hari, seperti memasak atau lainnya. Namun video tersebut dikenalkan dengan cara ketok tular yang luar biasa sehingga sesuatu yang sebenarnya biasa menjadi luar biasa karena ditonton jutaan orang.

Nah, andapun bisa melakukan hal yang sama dengan Natalie Tran dan kemudian menjadi kaya sekaligus terkenal. Namun tentu ada cara yang harus anda ikuti. Pertama adalah konten video haruslah asli milik anda sendiri. Ini artinya anda tidak boleh mendownload video orang lain, lalu mengupload kembali video tersebut ke YouTube.  Aturan ini merupakan aturan yang sangat penting yang akan membatasi jumlah video secara otomatis. Dalam aturan ini YouTube menyuruh anda membuat konten, apa pun kontennya, lalu upload ke YouTube.
Konten tentu saja harus yang anda kuasai. Artinya anda punya sebuah usahatertentu, misalnya bagaimana menghilangkan jerawat hingga tak terlihat lagi padahal anda sebenarnya banyak jerawat. Hal ini pernah dilakukan oleh Cassandra Bankson. Menurut catatan detik.com, wanita yang dikenal sebagai model dengan wajah berjerawat itu kini sukses eksis di acara fashion bergengsi, New York Fashion Week.

Cassandra menjadi terkenal setelah dia memberikan tutorial bagaimana menutupi wajah berjerawat hingga menjadi mulus seketika pada 2010. Melalui YouTube, Cassandra memberitahukan bagaimana dia memoles wajahnya yang banyak jerawat. Video trik make-up tersebut sampai saat ini sudah ditonton lebih dari 11,5 juta kali.




Tidak hanya Natalie Tran dan Cassandra saja yang menjadi kaya dan sekaligus terkenal karena YouTube. Anda pasti mengenal Justin Bieber yang pertama kali ditemukan di YouTube, sekarang sudah menjadi penyanyi dengan sekian juta fans di seluruh dunia.
Di Indonesiapun pernah ada dua kasus fenomenal yang berawal dari YouTube. Pertama duet Shinta Jojo dan kedua Briptu Norman. Namun ada perbedaan mencolok antara kasus YouTube di Indonesia dengan yang ada di Australia atau Amerika Serikat. 

Pada dasarnya Shinta Jojo dan Briptu Norman lebih kepada sebuah peristiwa kebetulan di mana masyarakat mencari alternatif dibandingkan yang sudah ada. Karena kebetulan dan mereka tidak menyangka akan terkenal hingga membuat panik. Kemudian karena memang pada dasarnya tidak memiliki keahlian, Briptu Norman dan Shinta Jojo tersebut cepat ditinggalkan.

Di luar negeri, orang yang sukses di YouTube lebih karena YouTube memberikan jalur alternatif menuju kesuksesan. Artinya mereka memiliki keahlian, memiliki perencanaan dan sebuah tim yang mampu merancang kesuksesan melalui YouTube. Meskipun tetap ada unsur kebetulan, namun unsur tersebut kemudian dipadukan dengan keahlian sehingga mereka bisa eksis dalam waktu yang cukup lama.

Jika sudah punya keahlian dan konten anda dapat melakukan kerja sama dengan YouTube. Kesempatanpun dibuka oleh Google/YouTube dengan memberikan bayaran kepada pembuat video di Indonesia. Sebagaimana dicatat viva.co.id, para pembuat konten video Indonesia kini bisa mendapatkan pembayaran dari YouTube Indonesia. Namun, ada syaratnya, yaitu harus sudah ada kerja sama dengan YouTube.

Comments

  1. oh jadi begitu pengertian teknis Video Blogger.

    Saya baru tahu, mesti mengumpulkan rasa percaya diri ya. Wah ini masuk kewirausahaan jenis baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas, ayo videokan dan upload ke Youtube ..hehee

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bisnis Jual-Beli Organ Tubuh Manusia

Kisah Tukang Sapu yang Kehilangan Sapunya

Di Jalan Surabaya, Berburu CD Bekas Premium