Daftar Smarphone ASUS yang Memperoleh Update Android 6.0 Marshmallow

Android 6.0 atau biasa disebut Android M (Marshmallow) sudah hampir setahun dirilis oleh Google. Namun masih banyak vendor yang belum menyediakan pembaruan ke Android Marshmallow tersebut. Salah satunya adalah ASUS.

ASUS cukup memiliki nama di Indonesia. Baru-baru ini mereka mengalahkan Samsung di kuartal ke empat sebagai vendor dengan pengapalan smartphone terbanyak di Indonesia. Namun bisa dipastikan belum ada smartphone ASUS yang berbasis Android 6.0. Untuk itulah ASUS berusaha memperbaiki posisi mereka dalam hal update ke Android 6.0 tersebut.

Beberapa hari yang lalu, melalui forum resmi mereka di ZenTalk, ASUS mengumumkan akan segera memberikan update ke Android Marshmallow untuk beberapa smartphone mereka. Sayang seribu saya, tidak semua smartphone ASUS yang bisa mencicipi Android Marsmallow tersebut. Selain itu, kapan waktu pasnya pengguna memperoleh pembaruan, tidak disebutkan. Hanya disebutkan sekitar kuartal keempat tahun 2016. Jadi antara bulan April hingga bulan Juni 2016 nanti.

Untuk daftar smartphone ASUS yang memperoleh update ke Android 6.0 Marshmallow adalah sebagai berikut:
  1. PadFone S (PF500KL)
  2. ZenFone 2 (ZE550ML, ZE551ML)
  3. ZenFone 2 Deluxe (ZE551ML)
  4. ZenFone 2 Deluxe Special Edition (ZE551ML)
  5. ZenFone 2 Laser (ZE500KG, ZE500KL, ZE550KL, ZE551KL, ZE600KL, ZE601KL)
  6. ZenFone Selfie (ZD551KL)
  7. ZenFone Max (ZC550KL)
  8. ZenFone Zoom (ZX551ML)

Dari daftar di atas dapat disimpulkan bahwa smartphone yang akan memperoleh update ke Android Marshmallow umumnya adalah smartphone yang dirilis ASUS tahun 2015. Sebagian besar yang memperoleh update ke Android Marshmallow adalah smartphone yang dirilis di penghujung kuartal ketiga 2015, seperti ZenFone 2 Deluxe Special Edition (ZE551ML)
ZenFone 2 Laser (ZE500KG, ZE500KL, ZE550KL, ZE551KL, ZE600KL, ZE601KL), ZenFone Selfie (ZD551KL), ZenFone Max (ZC550KL), dan ZenFone Zoom (ZX551ML).

Dari daftar tersebut bisa disimpulkan bahwa smartphone ASUS yang dirilis sebelum era Zenfone 2 (kecuali PadFone S) tidak akan memperoleh update ke Android 6.0 Marshmallow secara resmi.

Secara umum bisa dikatakan ASUS cukup tertinggal dalam hal update ke Android 6.0 Marshmallow ini. Untuk ke depannya ada baiknya ASUS meniru beberapa vendor lain yang langsung memberikan komitmen untuk upgrade software ke seri Android terbaru tidak lama setelah seri terbaru Android dirilis oleh Google.

Terakhir, nanti jika melakukan upgrade ke Android Marshmallow, ASUS memastikan bahwa beberapa aplikasi bawaan mereka seperti ASUS Messenger, ASUS Mail dan ASUS Calendar akan digantikan oleh aplikasi Google Messenger, Calendar, dan Gmail. Untuk itu Anda disarankan untuk melakukan factory reset setelah melakukan update ke Android 6.0 Marsmallow. 

Sumber: ZenTalk

Comments

Popular posts from this blog

Kisah Tukang Sapu yang Kehilangan Sapunya

Bisnis Jual-Beli Organ Tubuh Manusia

Di Jalan Surabaya, Berburu CD Bekas Premium