Review ZenPad 7.0 Z370CG Tablet 7 Inchi untuk Hiburan Multimedia

ASUS ZenPad 7.0 Z370CG
Setelah melakukan hands on beberapa waktu yang lalu terhadap tablet ASUS ZenPad 7.0 Z370CG kini saatnya saya menuliskan review terhadap tablet berukuran 7 inchi yang cukup menarik tersebut. Review ini saya khususkan kepada tiga fungsi utama dari sisi hiburan yang sebulan ini saya gunakan sangat sering di ASUS ZenPad 7.0 Z370CG tersebut, yaitu menonton film dan menikmati video YouTube, mendengarkan musik dan membaca buku atau artikel.

Perlu saya tekankan bahwa kegiatan lain bukan tidak bisa dilakukan di ASUS ZenPad 7.0 Z370CG. Saya malah kadang menggunakannya untuk bermain game seperti Asphalt Nitro dan Riptide GP2, namun kegiatan tidak sering saya lakukan karena fokus saya lebih kepada menonton film/video YouTube, mendengarkan musik dan membaca buku/artikel.

Boleh dikatakan saat ini pasar tablet agak kurang populer. Namun bukan berarti tidak ada tablet bagus untuk pengguna. Saya merasakan selama menggunakan ZenPad 7.0 Z370CG terasa bahwa ZenPad 7.0 Z370CG ini merupakan salah satu tablet yang bagus untuk dimiliki karena memiliki tujuan spesifik, yaitu media hiburan on the go yang menarik.

Spesifikasi dan Harga

Untuk spesifikasi dan harga ASUS ZenPad 7.0 Z370CG, Anda dapat mengunjungi link INI

Desain

Apakah Anda pernah menemui sebuah tablet yang penutup belakangnya bisa diganti-ganti? Biasanya desain penutup belakang yang bisa diganti-ganti ini ada di smartphone yang sayangnya kini juga semakin jarang. Nah ZenPad 7.0 Z370CG ini, penutup belakangnya bisa diganti dengan berbagai pilihan yang disediakan ASUS. 

Selain itu desain penutup belakang ini unik dan bisa diandalkan saat memegang tablet sehingga tablet tidak mudah jatuh. Desain lain yang patut diperhatikan adalah meskipun cuma berlayar tujuh inchi, namun berkat ukuran bingkainya yang minimum, layarnya lebih luas dibandingkan tablet tujuh inchi lainnya. Hal lain yang patut diapresiasi adalah bahwa ASUS ZenPad 7.0 Z370CG ini memiliki bingkai dekoratif metalik yang dilapis dengan teknologi Non-conductive vacuum metallization (NCVM) untuk menghasilkan tamplikan premium sekaligus melindungi layar lebih baik.

Saya kira dari sisi desain penutup belakang yang bisa diganti dengan berbagai pilihan warna yang disukai pengguna, motif kulit penutup belakang yang enak digenggam serta keluasan layar yang bagus, pengguna memiliki nilai tambah yang lebih tinggi dibandingkan tablet lain sekelas. Penutup belakang yang bisa dibuka memungkinkan memasukkan SIM Card lebih mudah.

Layar

ASUS ZenPad 7.0 Z370CG memiliki layar 7 inchi LED Backlight Screen, IPS Panel. Mungkin tablet sekelas memiliki spesifikasi yang sama, namun ZenPad 7.0 Z370CG memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki tablet sekelas, yaitu ASUS VisualMaster yang merupakan teknologi penyempurna visual ekslusif terdiri dari ASUS Tru2Life dan ASUS TruVivid yang menggabungkan hardware dan software untuk menghadirkan pengalaman visual paling nyata.

Fitur ASUS Splendid
Teknologi ini terlihat nyata ketika saya menggunakan Zenpad 7.0 Z370CG. Layar berkualitas 720p pada ZenPad 7.0 Z370CG ini sangat cemerlang. Bila Anda menonton film menggunakan ZenPad 7.0 ini akan terlihat bahwa tampilan gambarnya sedemikian bagus berkat ASUS Tru2Life dan ASUS TruVivid. Bisa saya katakan saya sangat puas melihat kualitas gambar yang dihasilkan oleh ZenPad 7.0 ini. 

Selain teknologi tersebut, agar Anda tidak terus menatap tablet di saat akan tidur, ASUS menyediakan teknologi Blue Filter yang akan menyaring cahaya biru dari tablet sehingga akan membuat Anda mengantuk. Ini sangat penting untuk menjaga mata, terutama untuk anak dan waktu tidur Anda.

Layar 7 inchi LED ini saya manfaatkan untuk membaca artikel terutama dari aplikasi pocket dan buku yang saya download. Berkat layar yang cemerlang, tingkat keterbacaan meningkat. Layar cemerlang tersebut juga tentu sangat bermanfaat untuk menonton film dengan kualitas setara BluRay. Demikian juga dengan menonton video balapan F1 dan video clip musik dan YouTube.







Audio

Sebagai tablet yang ditujukan untuk hiburan multimedia, ASUS melengkapi ZenPad 7.0 Z370CG dengan audio yang berkelas. ZenPad 7.0 Z370CG merupakan tablet pertama di dunia dengan suara premium DTS-HD. ASUS ZenPad dibekali dengan DTS-HD Premium Sound untuk mengubah suara stereo menjadi suara surround virtual yang memungkinkan Anda menikmati pengalaman hiburan suara terbaik saat menikmati musik atau menonton film. Pengguna juga bisa menikmati suara surround sampai 360 derajat saat mendengar musik lewat headphone.

Di audio ini saya menguji ZenPad 7.0 Z370CG dengan mendengarkan musik dan menonton video clip dari YouTube. Suara yang keluar dari ZenPad 7.0 sangat bagus. Dengan volume sekitar 50% suara yang terdengar sudah cukup keras. Saya mencoba mereka video yang saya tonton seperti berikut ini.



Audio ini juga sangat membantu saat menonton film. Saya mengujinya dengan menonton film Forrest Gump dan Begin Again. Kesan cinematic-nya cukup terasa terutama ketika tembakan peluru atau letusan mortir. Suara yang dihasilkan juga terasa kaya ketika menonton film Begin Again yang sangat banyak unsur musiknya.

Selain dengan audio yang sudah built in di ZenPad 7.0, ASUS juga memberikan pilihan bagus dengan menghadirkan audio cover suara surround 5.1 yang sangat menarik. ASUS Audio Cover mampu meningkatkan volume suara sampai 6 kali sekaligus mampu bekerja sampai 6 jam hanya dengan sekali isi ulang. Audio Cover juga berfungsi sebagai penopang tablet saat dipakai menonton film atau bekerja. Audio Cover terdiri dari 6 speaker termasuk 1 Subwoofer dan karena baterainya terpisah dari tablet (berkekuatan 2500mAh) bisa menikmati hiburang selama enam jam tanpa jeda.

Mendengarkan musik juga sangat bagus melalui ZenPad 7.0 Z370CG ini. Dengan audio wizard yang built in, volume, kekuatan bass, dan lainnya bisa diatur dengan mudah. Audio wizard ini juga menyediakan pilihan apakah sedang menonton film, mendengarkan musik atau percakapan. Selain itu ada juga opsi smart di mana ZenPad otomatis akan menyesuaikan sesuai dengan kegiatan yang dilakukan. 

Dengan audio cover suara yang dihasilkan akan lebih bagus lagi. Khusus untuk audio cover ini ASUS menyertakan baterai built in terpisah dari tablet. Baterai tersebut dapat diisi ulang bersama dengan tablet atau sendiri karena ASUS juga menyertakan alat untuk mengisi ulang baterai audio cover tersebut.

Saya rasa apa yang hendak dicapai ASUS dengan tablet ASUS ZenPad 7.0 Z370CG tercapai. Sebagai media hiburan multimedia ZenPad 7.0 Z370CG sangat bisa memenuhi ekspektasi pengguna terhadap kemampuannya.

Baterai

Untuk ukuran kekuatan baterai sejauh ini saya belum menemukan seberapa mAh baterai ASUS ZenPad 7.0 Z370CG. Namun perkiraan saya maksimal 3500 mAh. ASUS dalam spesifikasinya menyebutkan 13Wh Li-polymer battery. 

Berdasarkan pengalaman pemakaian, saya bisa menonton dua film Forrest Gump (lebih dari 2 jam) dan Begin Again (hampir 2 jam) dan baterai tersisa 15% dari posisi 95%. Saya rasa kemampuan baterainya standar. Saya menduga karena layarnya yang cemerlang akan sangat berpengaruh kepada daya tahan baterai. Perlu diketahui bahwa baterai audio cover justru cukup bagus. Setelah menonton dua film baterai audio cover masih ada sekitar 30%.

Demikian review ZenPad 7.0 Z370CG. Menurut saya tablet ini punya potensi sangat bagus di sisi hiburan multimedia. Pengguna akan diuntungkan oleh harganya yang tidak terlalu mahal, tetapi memiliki kemampuan yang jauh lebih baik. Catatan, tablet ini juga bisa digunakan untuk menelpon, bermedia sosial dan mengambil foto. Jadi sangat lengkap kemampuannya.

Berminat untuk memiliki ZenPad 7.0 Z370CG? Klik link ini

Comments

Popular posts from this blog

Kisah Tukang Sapu yang Kehilangan Sapunya

Bisnis Jual-Beli Organ Tubuh Manusia

Di Jalan Surabaya, Berburu CD Bekas Premium