ASUS ZenBook UX305 Ultrabook Cepat, Tipis dan Cantik

Bicara soal laptop, hampir setiap saat kini hadir laptop baru dari berbagai vendor. Namun, laptop mana yang pas untuk menunjang kinerja Anda sehari-hari? Pertanyaan ini mungkin agak sulit menjawabnya karena masing-masing pengguna memiliki preferensi yang berbeda. Namun meskipun demikian, untuk kinerja dan desain produk yang bagus, Anda mungkin bisa mengandalkan ASUS Zenbook UX305 dari ASUS.

Sebagaimana Anda ketahui, ASUS bukanlah pendatang baru di bisnis komputer sehingga pengguna dapat berharap produk yang dirancang dengan presisi tinggi dan menjanjikan kinerja yang juga tinggi. 

ASUS ZenBook UX305 yang diperkenalkan resmi bulan Maret 2015 lalu bisa dibilang sebagai laptop berlayar 13,3 inci resolusi QHD+ tertipis di dunia dengan ketebalan hanya 12,3 mm. Meskipun bertubuh amat ramping namun material luarnya terbungkus alumunium menyeluruh yang membuatnya kokoh sekaligus tampak elegan. Namun demikian, meski dibalut material alumunium disepanjang tubuhnya, bobot laptop dengan cover bernuansa Zen yang melingkar ini hanya 1,2 kg.

Desain indah yang begitu menawan dari ASUS ZenBook UX305 membuatnya meraih penghargaan Good Design Award 2014 dari Japan Institute of Design Promotion (JDP) dan 2015 iF Design Award.Penghargaan juga diperoleh dari ajang 2015 CES Innovation Awards dan 2015 Taiwan Excellance. 

Semua penghargaan ini membuktikan bahwa ZenBook UX305 merupakan ultrabook dengan desain istimewa diantara produk serupa yang pernah ada. Desain seperti ini memang ditujukan bagi pengguna moderen yang menyukai produk dengan cita rasa seni yang tinggi dan mampu memancarkan pesona gaya hidup mereka.



ASUS ZenBook UX305 hadir dalam pilihan warna aurora gold, ceramic white, dan obsidian stone black dengan bagian cover yang makin diperindah dengan tekstur melingkar khas Zen. Untuk model masing-masing warna ini memiliki karakter desain tersendiri sesuai sensasi warna yang ditampilkannya.

Kinerja

Desain indah yang ditawarkan oleh ASUS Zenbook UX305 juga ditopang oleh kinerja yang tinggi untuk membantu pengguna dalam pekerjaan sehari-hari mereka. Sebagaimana diketahui, desain indah tanpa kinerja yang bagus membuat laptop hanya akan jadi pajangan. Hal ini tentu tidak akan ditemukan pada ASUS Zenbook UX305.

ASUS merancang ZenBook UX305 agar mampu bekerja optimal untuk berbagai aktivitas. Dukungan Intel untuk peranti bermobilitas tinggi ikut diimplementasikan di ZenBook UX305 melalui penggunaan prosesor generasi mobile terbaru, Intel Core M. CPU dengan level TDP hanya 4,5 watt ini mampu menyajikan kinerja 50% lebih cepat namun dengan konsumsi daya yang justru 60% lebih hemat. Bersama Core M ini pula terintegrasi chip grafis Intel HD5300 yang mendukung output ke layar TV beresolusi 4K (Ultra HD) yang mulai populer  tahun ini.

Kombinasi Intel Core M selanjutnya dengan RAM 8GB dan media penyimpanan SSD yang lebih cepat dibandingkan hard disk konvensional menciptakan sistem yang mantap untuk menjalankan tugas-tugas office hingga menikmati hiburan multimedia.

Jika dibandingkan dengan harddisk cakram tipe 5400 RPM maka kinerja ZenBook UX305 dengan SSD ini mampu membaca file data ukuran 256GB hingga 6X lebih cepat. Saat membuka aplikasi pun kinerja ZenBook UX305 akan lebih gegas dibandingkan sistem yang memakai Intel Core i5 yang memakai harddisk konvensional. Perbedaan tersebut akan nyata dirasakan pemakai setiap saat sehingga aktivitas komputasinya akan berlangsung lebih lancar.

Konektivitas

Konektivitas nirkabel pun tak kalah canggih dengan teknologi WiFi Dual-Band Two-Stream 802.11ac yang 3x lebih cepat dalam transmisi data, jangkauan 2x lebih luas, serta 6x lebih irit daya dibandingkan produk yang menggunakan teknologi nirkabel 802.11n. Kelebihan ini membuat transmisi dapat saat berinternet atau terhubung ke gadget lainnya jadi lebih kencang.

Pengguna yang sering membawa gadget akan terbantu dengan port USB 3.0 yang tak hanya menawarkan kecepatan transfer data 10x lebih cepat dari USB 2.0, namun juga bisa mengisi ulang gadget 50% lebih cepat dibandingkan koneksi USB umumnya. Ini berkat teknologi Asus USB Charger+ yang bahkan tetap dapat men-charge gadget meski laptop dalam kondisi off. Dalam hal kemampuan mengisi baterai gadget dengan lebih cepat inilah ASUS tampak lebih unggul dibandingkan kompetitor yang hanya sekedar menawarkan charge baterai semata. Oh ya, ASUS ZenBook UX305 menyediakan hingga 3 buah USB 3.0 yang lebih banyak dibandingkan kompetitor. Semua lubang port I/O di ASUS ZenBook UX305 dibuat dengan mesin bor terkomputerisasi yang memperhatikan detil amat presisiagar terbentuk indah dan sempurna.

Tak lupa untuk memberikan dukungan koneksi lebih lanjut ke perangkat lain juga telah disiapkan fungsi Bluetooth 4.0 yang menyajikan hubungan nirkabel antar perangkat dengan stabil dengan tingkat transfer data 24Mbps yang stabil hingga jarak 10 meter, sedangkan untuk menyalurkan tayangan audio-video ke player dengan displai lebih luas juga tersedia jalur micro HDMI 1.4b.

Kualitas Audio

Meski konsumen banyak menggunakan notebook untuk bekerja namun adakalanya mereka juga berharap laptop mereka bisa tampil lebih menghibur. Selain dukungan visual, faktor audio/suara menjadi hal yang juga mereka perhitungkan saat membeli notebook. Karena itulah tim ASUS Golden Ear menjawab kebutuhan ini dengan menggabungkan teknologi audio SonicMaster dengan ICEpower dan penggunaan speaker Bang & Olufsen. Hasilnya, suara yang muncul dari ASUS ZenBook UX305 terdengar jernih dan kuat. 


Layanan Cloud Terintegrasi

Pengguna yang suka mendownload/upload dan berbagi-pakai file di Internet? Ingin agar Anda mudah mengambil file dimana saja tanpa harus tergantung dari satu perangkat? Nah, setiap pembelian ASUS ZenBook UX305 juga akan mendapatkan layanan cloudASUS WebStorage sebesar 16GB secara gratis untuk 1 tahun pertama. Pengguna bisa menyimpan foto dan berbagai dokumen disini berkat antarmukanya yang praktis dan mudah.

Fitur Keamanan

Faktor keamanan ternyata mendapat porsi serius di ASUS ZenBook UX305. Meskipun tergolong sebagai ultrabook bergaya namun disini juga disertakan fasilitas sekuriti yang umumnya dimiliki notebook kelas bisnis. Ada beberapa fasilitas keamanan yang tersedia di ultrabook ini, yaitu proteksi boot dengan password, proteksi harddisk dengan password, proteksi konektor I/O serta proteksi LoJack.

Layar Resolusi Tinggi 

Beralih ke bagian layar 13,3 inci di ZenBook UX305, ASUS menggunakan panel IPS yang memberikan sudut pandang hingga selebar 178 derajat yang membuatnya tetap jelas terlihat dari sudut tersebut. Layar dengan kecerahan 300 cd/m2 ini juga dilapis material anti pantulan agar gambar tampil lebih cerah dan tak menyilaukan mata. Teknologi displai disini juga mampu menghasilkan gamut/gradasi warna hingga 72% rentang standar NTSC untuk menyajikan tampilan lebih alami.

Keberadaan sensor cerdas juga mampu mendeteksi cahaya disekitar pengguna dimana selanjutnya layar akan melakukan penyesuaian kecerahan displai. Efeknya, pengguna akan merasa lebih nyaman memandang meskipun untuk waktu yang lama.

Seiring popularitas konten beresolusi tinggi, ASUS ZenBook UX305 juga mempersembahkan resolusi layar 3200x1800 (QHD+) dalam tingkat kerapatan 276ppi. Tidak banyak laptop sekelas yang mengusung besaran resolusi seperti ini. Resolusi QHD+ akan terlihat jauh lebih detil dibandingkan laptop yang mengusung resolusi WXGA+ (1440x900 pixel). Yang menarik, meski tingkat kecerahan mencapai 300 nits dan rasio kontras sebesar 500:1, namun tampilan tersebut tetaplah hemat energi alias tak memboroskan daya baterai. Sebagai informasi, ZenBook UX305 tersedia dalam pilihan layar QHD+ (3200x1800 pixel)  dan Full-HD (1920x1080 pixel).

Khusus untuk menjalankan video HDR digunakan algoritma khusus pada chip grafis internal (iGPU) agar menghasilkan tayangan yang lebih halus dan terang. Meski berproses lebih gegas namun tetap efisien karena menyita konsumsi daya lebih rendah guna menghemat baterai.

Daya Tahan Baterai Lebih Lama

Demi menyokong daya, Asus menempatkan baterai Lithium-polimer 3 sel 45Wh agar laptop dapat digunakan terus-menerus hingga 10 jam. Penggunaan baterai berteknologi polimer memiliki keunggulan dibandingkan baterai silinder konvensional seperti umur pakai yang 3x lebih lama dan juga mencegah kebocoran elektrolit.

Pengguna juga tak perlu sedikit-sedikit mematikan laptop saat tak dipakai karena feature sleep mampu mematikan komponen yang tak perlu demi menghemat daya yang bahkan mencapai 2 minggu berkat  teknologi Super Hybrid Engine II dari ASUS. Saat berada dalam kondisi standby ini Anda juga bisa mengaktifkan laptop kembali dalam waktu hanya 2 detik berkat feature Asus Instant On. Inilah fitur-fitur efisiensi energi unggulan yang akan bermanfaat bagi konsumen.

Pendingin Tanpa Kipas

Satu lagi keunggulan ZenBook UX305 adalah penggunaan sistem pendingin tanpa kipas yang membuat operasional notebook tetap hening. Notebook tetap hening saat Anda sedang bekerja, menonton film, mendengarkan musik, atau bahkan bermain game yang kerap menyita sumber daya lebih besar. Sistem pendingin non fan ini dimungkinkan berkat penggunaan prosesor Intel Core M yang lebih dingin dibandingkan generasi sebelumnya dan juga mekanisme pembuangan panas di ASUS ZenBook UX305 yang efektif dengan jalur udara alami. Efeknya, daya pada baterai pun bisa lebih hemat. Penerapan teknologi IceCool juga mencegah suhu panas menjalar ke bagian sandaran tangan (palmrest) sehingga laptop tetap nyaman digunakan dalam waktu lama.

Tipis, Tetapi  Tetap Nyaman 

Jika kebanyakan ultrabook berbodi langsing kurang nyaman untuk mengetik maka hal sebaliknya terjadi pada ASUS ZenBook UX305. Meskipun desain bodinya teramat tipis sehingga mengurangi kedalaman keyboard namun ASUS mendesain khusus setiap tuts dengan struktur berlapis karet dan gel-silika agar tekanan keyboard jadi lebih terasa nyaman.

Selain desain yang amat ramping, kinerja cepat hemat daya, dan layar berkualitas tinggi, Asus ZenBook UX305 tampak berdiri paling depan diantara laptop ultra-ringan yang ada berkat beragam keunggulan yang menyertainya. Asus ZenBook UX305 akan cocok untuk mereka yang mendambakan laptop ringan bergaya yang bisa diandalkan untuk tugas sehari-hari, sesuai dengan taglinenya  Fast, Slim, Beautiful.

Spesifikasi dan Harga

ASUS memberikan dua pilihan prosesor untuk ASUS Zenbook UX305. Pengguna dapat menyesuaikan kebutuhan mereka dengan melihat spesifikasi dan harga berikut ini.
                     
Prosesor
Intel Core M-5Y71
(Turbo up-to 2,9GHz, Cache 4MB)
Intel Core M-5Y10
(Turbo up-to 2GHz, Cache 4MB)
RAM
DDR3L 1600MHz 8GB
DDR3L 1600MHz 4GB
Chip grafis
Intel HD5300
Internal storage
SSD 512GB
SSD 256GB
Wireless
WiFi (802.11ac), Bluetooth 4.0
Koneksi lain
micro USB 3.0 (x3), micro HDMI,2-in-1 cardreader (SD/SDXC)
Kamera
HD Web Camera
Layar
IPS 13,3”  QHD+ @ 3200x1800 pixel
IPS 13,3”  FHD @ 1920x1080
Baterai
Lithium-polimer 3 sel - 45 Whrs (web browsing hingga 10 jam)
Bobot / dimensi
1,2 kg / 32,5x22,6x1,2 cm
Sistem operasi
Windows 8.1
Situs Web
Garansi
2 Tahun Garansi Global
Kisaran Harga
Rp 14.999.000
Rp 9.999.000


Comments

Popular posts from this blog

Kisah Tukang Sapu yang Kehilangan Sapunya

Bisnis Jual-Beli Organ Tubuh Manusia

Di Jalan Surabaya, Berburu CD Bekas Premium