Review: AXIS Pro Basic Vs Telkomsel Samsung Galaxy

Kebutuhan internet mobile kini semakin meningkat. Dengan makin bertambahnya perangkat mobile, jelas saja makin banyak konsumen yang ingin tersambung internet. Provider telekomunikasi pun menyikapinya dengan meluncurkan paket internet murah. Dalam paket ini tentu saja full service dengan kuota tertentu. Misalnya Rp49.000 dengan kuota 1,7 GB atau 2 GB.

Beberapa waktu lalu, saya menjadi pelanggan AXIS yang menawarkan paket internet murah seharga Rp49.000,00 dengan kuota 1,7 GB (total kuota setelah bonus). Saya sangat senang dengan paket ini. Sejak awal Oktober 2012 saya menjadi pelanggan AXIS dan hampir tidak menemui hambatan ketika melakukan browsing atau beraktifitas di media sosial. Paket dari AXIS ini juga pernah saya bawa jalan-jalan ke Sumatera Barat dan berjalan sangat lancar.

Beberapa hari yang lalu saya mencoba paket Samsung Galaxy dari Telkomsel. Kebetulan saya menggunakan Samsung Galaxy Note edisi pertama yang sudah ditingkatkan ke Ice Cream Sandwich. Sebenarnya sudah lama ingin mencoba karena tergiur oleh iklan yang terus berdatangan di time line Twitter. Namun baru beberapa hari yang lalu terlaksana. 

Kira-kira bagaimana performa kedua paket murah internet AXIS dan Telkomsel ini? Coba kita telusuri berikut ini.

1. AXIS Pro Basic
Setiap kali menggunakan sebuah provider baru di smartphone, hal pertama yang saya uji adalah kecepatannya. Dengan menggunakan SpeedTest, saya menguji kecepatan download AXIS. Kecepatannya sungguh tidak mengecewakan. Ketika pengujian, saya lakukan print screen yang sangat mudah dengan menggunakan S-Pen Galaxy Note. Hasilnya bisa dilihat seperti berikut ini.

Kecepatan Download AXIS
Kecepatan Download yang cukup besar tersebut terbukti ketika saya mendownload sebuah game berukuran 39 MB. Tidak sampai empat menit, game tersebut terdownload dan siap dimainkan.
Download game sebesar 39 MB
Hal yang perlu lebih diperhatikan adalah kekuatan sinyal. Pada awal bulan Oktober 2012 yang lalu, ketika itu saya masih menggunakan tablet Samsung Galaxy Tab, kekuatan sinyal AXIS bisa dikatakan sangat merata, baik di luar maupun di dalam ruangan. Sampai dengan akhir tahun 2012, saya jarang sekali mendapatlan sinyal EDGE, selalu saja 3G HSDPA. Namun beberapa waktu ke belakang, seiring dengan pertumbuhan pelanggannya saya makin sering bertemu sinyal EDGE, bahkan di luar ruangan seperti di jalur tol Jagorawi yang biasanya 3G HSDPA. 



Sinya HSDPA sering hilang
Namun secara keseluruhan saya sangat senang dengan AXIS, terutama kecepatan downloadnya. Ketidakmerataan kekuatan sinyal saya kira masalah hampir semua provider telekomunikasi Indonesia. Perlu juga dicatat, karena berdasarkan kuota, bila mendekati akhir masa aktif penggunaan dan mendekati jumlah kuota kecepatan internetnya akan disesuaikan. Ini artinya kemungkinan besar anda hanya akan menikmati kecepatan EDGE bila kuota hampir terpenuhi.

2. Paket Samsung Galaxy Telkomsel
Paket ini diluncurkan oleh Telkomsel karena Samsung Galaxy merupakan smartphone yang cukup laku di Indonesia. Dengan berbagai variannya, mulai dari yang termurah harganya seperti Galaxy Y sampai yang termahal seperti Galaxy S 3 dan Galaxy Note 2, Samsung memang perlu mendapatkan perlakuan istimewa dari Telkomsel. 

Paket ini berharga sama dengan AXIS Pro Basic, yaitu Rp49.000 sebulan, namun kuotanya lebih besar, yaitu 2 GB. Dalam keterangannya Telkomsel mengatakan bahwa pelanggan memperoleh paket Flash sebanyak 1 GB dan 1 GB lainnya merupakan paket 3G. Saya tidak mengerti betul dengan hal ini karena selama berlangganan AXIS hal ini tidak saya temui.

Pertama-tama tentu saha saya melakukan uji kecepatan download. Dengan tempat berdiri yang sama ketika saya melakukan uji kecepatan download AXIS, hasilnya dapat dilihat sebagai berikut (test dilakukan dua kali)
Test 1
.
Test 2
Pada test pertama dihasilkan kecepatan download hanya 755 kbps. Lalu tes saya ulangi lagi dan mendapatkan kecepatan 1.135 kbps. Angka ini tentu saja berada jauh di bawah AXIS yang mencapai 3.000 kbps. Kelambanan kecepatan download Telkomsel sangat terasa ketika mendownload aplikasi. Untuk mendownload aplikasi yang sebesar 20 MB cukup lama menunggu.

Selain itu, karena tuntutan pekerjaan saya setiap saat selalu menengok halaman Facebook Fan Page yang saya kelola. Selama ini saya hampir tidak pernah kehilangan koneksi ketika menggunakan AXIS, namun ketika beralih ke Telkomsel hal ini saya alami. Perhatikan gambar berikut.
Network Error
Demikian pula kala melakukan Tweet. Ketika menggunakan AXIS gambar berikut ini hampir tidak pernah terjadi. Namun ketika beralih menggunakan Telkomsel, saya mengalaminya.
403
Bukan hanya ketika menggunakan aplikasi Tweetcaster saja saya mengalami hal ini. Ketika menggunakan Twitter for Android, tweet sering menjadi draft dulu. Artinya tweet tidak terkirim dan harus dikirim kembali, artinya butuh usaha lebih banyak hanya untuk melakukan tweet. 

Hal yang cukup menyenangkan saya yang diberikan Telkomsel adalah sinyalnya yang masih bagus ketika di dalam ruangan. Biasanya kalau menggunakan AXIS, untuk memperoleh sinyal 3G HSDPA saya harus keluar rumah. Namun dengan Telkomsel hal ini tidak perlu. Meski kadang terjadi error seperti di atas sinyal Telkomsel masih berada di 3G HSDPA. 

Nah demikian review singkat saya tentang paket murah internet AXIS versus Telkomsel. Saya rasa kedua paket ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Comments

Popular posts from this blog

Bisnis Jual-Beli Organ Tubuh Manusia

Kisah Tukang Sapu yang Kehilangan Sapunya

Di Jalan Surabaya, Berburu CD Bekas Premium