Review Paket Internet Combo Xtra L Rp89.000 dari XL

Paket data internet saat ini bisa dikatakan ramah dengan kantong. Banyak operator menawarkan paket data internet murah terutama untuk koneksi 4G. Namun, bila diteliti lebih jauh, tidak banyak operator yang memberikan manfaat lebih. Ini artinya bisa saja paket data internet tersebut murah karena hanya menawarkan paket data, sementara benefit lain tidak ada dan kalaupun ada harganya sudah tidak murah lagi.

Sudah beberapa bulan ini saya berlangganan paket data dari operator XL. Pakat data yang saya pilih adalah Combo Xtra L dengan harga Rp89.000,00. Menurut saya paket data ini merupakan paket data yang paling menarik pada kisaran harga di bawah Rp100.000. Mengapa demikian?

Pertama kali menggunakan paket data Combo Xtra dari XL ini sekitar beberapa bulan yang lalu. Seorang teman kantor menjual kartu perdana XL dengan paket data 19GB (15GB di 4G) dengan harga hanya Rp85.000,00. Saya pikir harga ini cukup murah sehingga saya beli. Namun kemudian beberapa waktu setelah paket tersebut habis, saya kembali ke menggunakan operator lain yang masih 3G HSDPA yang menjadi nomor utama di smartphone.

Oleh karena perangkat saya sudah 4G, tentu sayang sekali jika koneksinya mengandalkan koneksi 3G. Terlebih lagi operator kartu utama saya ini ternyata tidak juga membaik koneksinya, sering hilang sinyal kalau matahari tertutup awan alias kalau hujan. Setelah hitung sana-sini akhirnya saya putuskan untuk menggunakan kartu XL dengan paket Combo Xtra.

Jujur, pertama kali menggunakan Paket Combro Xtra dari XL bukanlah pengalaman yang mengenakkan. Sepanjang satu bulan pertama, koneksi 4G di sekitaran Ciawi, Bogor hingga ke Rancamaya bisa dikatakan sangat tidak stabil. Sinyal 4G-nya sering hilang sendiri, kemudian berganti ke 3G dan ketika pindah dari 4G ke 3G atau sebaliknya berjalan tidak mulus. Membuka Twitter sangat lama loadingnya sehingga membuat frustasi.

Untungnya hal tersebut berlangsung tidak lama. Oleh karena saya sudah mantap menggunakan XL, seiring penggunaan, koneksi 4G XL di sekitar tempat tinggal kemudian di jalur menuju dan pulang dari kantor serta di kantor sendiri makin baik. Demikian juga di wilayah Bogor lainnya. Dengan makin baiknya koneksi 4G saya berketetapan untuk meneruskan menggunakan SIM Card XL dengan paket Combo Xtra tersebut.

Tentu saya menguji seberapa kencang koneksi 4G XL. Berikut ini screen shot hasil uji kecepatan koneksi 4G XL.

hasil uji kecepatan koneksi 4G XL
Tentu saja saya bukan hanya sekali menguji kecepatan koneksi 4G XL ini. Rata-rata kecepatan download yang saya peroleh setelah pengujian adalah antara 15 hingga 23 mbps, sementara kecepatan upload antara 10 hingga 19 mbps. Meskipun bisa dikatakan masih jauh dari kondisi ideal koneksi 4G LTE, namun ini tentu sudah cukup menggembirakan.

Selain kecepatan, hal yang lebih penting lagi adalah kestabilan koneksi. Seperti telah saya uraikan di atas, pada awal menggunakan XL, koneksi 4G-nya sangat tidak stabil, lebih banyak 3G HSDPA di sepanjang perjalanan menuju dan dari kantor demikian juga di tempat tinggal dan wilayah lain di Bogor. Namun kemudian XL memperbaiki koneksi 4G LTE mereka di mana kehilangan sinyal 4G makin sedikit. Saat ini koneksi 4G XL di wilayah-wilayah yang setiap hari saya lalui bisa dikatakan sangat stabil. Bahkan di dalam ruangan kantor, hanya XL yang bisa muncul koneksi 4G-nya. Operator lain sering hanya di 2G.

Hal yang perlu dicermati lebih lanjut adalah benefit lain yang ditawarkan oleh XL di dalam paket Combo Xtra L dengan harga Rp89.000,00 ini. Bagi saya yang sangat terasa adalah menelpon gratis sebanyak 75 menit ke semua operator. Oleh karena saya lebih sering menelpon, benefit ini sangat bermanfaat bagi saya pribadi. Jumlah waktu menelpon 75 menit bukanlah sedikit karena kadang menelpon hanya 2 atau 3 menit saja. Jika dirata-ratakan 3 menit, maka ada kesempatan gratis menelpon sebanyak 15 kali dalam sebulan. Ini benefit yang sangat bagus menurut saya.

Tentu saja dengan kecepatan yang lebih cepat dan stabil, melakukan apa saja tidak masalah. Download dan upload serta menonton video di YouTube dan YouTube Kids menjadi kegemaran baru karena tidak ada lagi buffering. 

Tentu saja seiring waktu kecepatan dan kestabilan koneksi XL ini bisa berubah, mungkin naik atau turun. Saya memperkirakan akan turun seiring dengan makin banyaknya pengguna, sementara investasi menara 4G XL tersendat atau lebih difokuskan ke daerah lain. Gejala tersebut sudah saya lihat beberapa hari ini di mana hasil pengujian di tempat-tempat yang sebelumnya cukup kencang koneksinya, kini hasil ujinya menunjukkan penurunan.

Namun bagaimanapun, sejauh ini cukup senang dengan paket Combo Xtra L ini. Selain murah, benefit nelpon gratis sepertinya tidak dimiliki oleh paket lain dengan harga yang lebih murah atau lebih mahal dari XL yang ditawarkan operator lain. Saran saya untuk XL semoga koneksinya tetap kencang dan stabil serta alokasi paket untuk 3G-nya bagusnya dinaikkan karena ternyata belum semua lokasi ada 4G sehingga pengguna mengandalkan paka alokasi paket 3G yang jumlahnya hanya 4GB dan ini sangat cepat berkurang.

Perlu juga dicatat bahwa bila pengguna melakukan isi ulang paket otomatis, maka sisa paket yang ada akan di-reset ke nol sehingga pengguna hanya akan memperoleh paket sebanyak 19GB. Untuk mencegahnya bisa dilakukan dengan membeli paket manual, misalnya bila dua hari lagi paket Combo Xtra akan berakhir, beli pulsa dan beli paket Combo Xtra yang baru secara manual. Sisa paket akan ditambahkan ke plan terbaru tersebut. 


Demikian review paket Combo Xtra L dari XL. Semoga bisa membantu Anda membeli paket data internet. Perlu dicatat bahwa ini review independen tanpa ada satupun koneksi ke operator XL.

Comments

Popular posts from this blog

Bisnis Jual-Beli Organ Tubuh Manusia

Kisah Tukang Sapu yang Kehilangan Sapunya

Di Jalan Surabaya, Berburu CD Bekas Premium