Zenfone 3 Max, Super Power Waktu Standby Hingga 30 Hari

Zenfone 3 Max
Kehabisan baterai di waktu yang sangat penting merupakan petaka. Meskipun tersedia power bank, misalnya, tetap saja harus menyambungkannya terlebih dahulu ke smartphone sehingga cukup repot untuk menggunakan smartphone secara leluasa. Hal ini tentu tidak akan terjadi jika Anda menggunakan Zenfone 3 Max yang diklaim ASUS memiliki waktu standby selama 30 hari.

Melanjutkan sukses seri sebelumnya, yaitu Zenfone Max yang dirilis setahun yang lalu, dalam acara Zenvolution di Nusa Dua Bali, ASUS Indonesia merilis Zenfone Max 3. Bisa dikatakan, ini merupakan generasi kedua dari Zenfone Max, namun tetap diberi nama Zenfone 3 Max untuk menunjukkan bahwa Zenfone Max ini merupakan bagian dari Zenfone 3.

Sesuai namanya dan juga melanjutkan lini produk ZenFone Max, model ini memiliki fitur baterai yang punya masa aktif panjang, yakni lithium-polymer berkapasitas 4130mAh. Dengan baterai tersebut, ASUS Zenfone 3 Max (KodeZC520TL) menawarkan waktu standby hingga 30 hari. Durasi talktime di jaringan 3G hingga 20 jam, 20 jam untuk browsing WiFi ataupun di jaringan 4G LTE, 87 jam untuk memutar musik non stop, atau 15 jam non stop untum memutar video.

Jerry Shen, Chief Executive Officer ASUS mengatakn bahwa Zenfone 3 Max membebaskan pengguna dari rasa khawatir akan kehabisan baterai. Zenfone 3 Max memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas seharian bahkan lebih. Tak hanya itu, Zenfone 3 Max sekaligus memiliki powerbank fast-charge untuk mengisi ulang perangkat lain. Jadi Zenfone 3 Max bisa mengisi baterai smartphone lain.

Jika Zenfone 3 Max dijadikan power bank, terdapat dua modus penggunaan. Modus pertama, yaitu default mode yang akan mengisi ulang gadget yang terhubung dengan arus output standar 0,5 ampere. Modus kedua, yakni Rapid Reverse Charge. Dengan menggunakan modus ini seluruh fungsi telepon akan dimatikan. Dengan demikian, Zenfone 3 Max akan mampu memasok daya bagi device lain hingga output 1,5 ampere. Pengguna juga tidak perlu khawatir. Dengan modus ini, ZenFone 3 Max akan memonitor level daya baterai dan tidak memperkenankan baterainya sendiri terkuras hingga di bawah 30 persen.

Meskipun ditujukan buat pengguna yang ingin memiliki smartphone berkekuatan besar  dalam hal baterai, ASUS tidak melupakan sisi desain untuk Zenfone 3 Max ini.  Desainnya tetap menarik untuk dilihat. Zenfone 3 Max dibuat dari sandblasted all aluminum-alloy, dengan sisi melengkung dan diberi layar sentuh  kontur 2.5D glass agar terasa lebih alami saat disentuh. Beratnya hanya 148 gram dan ketebalan hany 0,85cm sehingga membuat ZenFone 3 Max sangat tipis untuk ukuran sebuah smartphone dengan kapasitas baterai ekstra besar.

Seperti varian Zenfone 3 lainnya, Zenfone 3 Max diberikan sensor sidik jari untuk membuka smartphone lebih cepat dan lebih ringkas karena ditempatkan di sisi belakang dari Zenfone 3 Max. ZenFone 3 Max yang diperkuat prosesor hemat energi berbasis ARM Cortex-A53 64-bit quad-core processor 1.44GHz. Prosesor ini menyediakan teknologi penambah masa aktif baterai untuk memaksimalkan daya yang tersimpan dalam baterai high density lithium-polymer  4130mAh.

Dalam penggunaan energi dari baterai berkekuatan  4130mAh tersebut, ASUS Zenfone 3 Max menyediakan 5 opsi. Modus pertama adalah Performance. Sesuai namanya, dalam modus ini semua diset pada titik maksimum sehingga cocok untuk bermain game ataupun menonton video. Modus kedua adalah modus Normal, di mana sistem akan mengatur kecepatan CPU dan kecerahan layar secara cermat untuk menghemat baterai. 
Bagian belakang Zenfone 3 Max
Dilengkapi sensor sidik jari

Modus ketiga adalah power saving, di mana mobile data dan WiFi otomatis dimatikan saat smartphone sedang tidak dipakai dan akan kembali tersambung saat smartphone diaktifkan. Selanjutnya modus Super Saving, di mana seluruh fungsi dimatikan kecuali telepon, SMS dan alarm. Dari pengujian, saat baterai tinggal 10%, smartphone masih sanggup standby hingga 36 jam.

Terakhir adalah modus Customized. Dalam modus ini, pengguna bisa mengubah lebih lanjut opsi-opsi yang ada sehingga masa aktif baterai Zenfone 3 Max lebih sesuai dengan kebutuhan. Dengan kata lain, kombinasi baterai bertenaga, prosesor kencang namun hemat energi dan fitur manajemen daya yang lengkap, Zenfone 3 Max merupakan smartphone dengan masa aktif baterai paling unggul di lini Zenfone 3.

Meskipun memberikan sedemikian banyak fitur terutama terkait dengan energi dan tetap tidak melupakan sisi desain dan kinerja, Zenfone 3 Max tidak dihargai sangat mahal oleh ASUS. Zenfone 3 Max dengan layar 5,2 inchi HD 720p, RAM 2GB ROM 16GB hanya Rp2.199.000,00 sedangkan versi yang lebih tinggi dengan RAM 3GB dan ROM 32GB hanya Rp2.399.000,00.

Spesifikasi Lengkap Zenfone 3 Max:


Model
ASUS ZenFone3Max ZC520TL
CPU
ARM Cortex-A53 64-bit quad-core processor (1.44GHz)
GPU
Mali T720 600MHz
RAM
3GB / 2GB RAM
Storage
32GB / 16GB + 5GB ASUS Webstorage + Google Drive 100GB free (2 years)
Micro SD
Yes (up to 256GB)
Connectivity
802.11b/g/n, Bluetooth V 4.0 +EDR, Wi-Fi direct
Network
2G Band 850/900/1800/1900, 3G Band 1/5/8, 4GBand 1/3/5/8, TDD Band 40
DC-HSPA+: UL 42 / DL 5.76 Mbps, LTE Cat4:UL 150 / DL 50 Mbps
SIM Card
Micro SIM slot + Nano / MicroSD slot
Navigation
GPS, AGPS, GLONASS, BDS
Display
5.2” HD(1280 x 720) IPS display, 75% screen-to-body ratio, 400nits
Video
Full HD Video recording 1080p @30 FPS, Take still photo while recording
Battery
Lithium-Polimer 4.130 mAh
Main Camera
13MP Camera, 5P Largan lens, Fix Focus, Auto Focus, LED flash
Front Camera
5MP
Sensor
Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient Light, Fingerprint
OS
Android™ 6.0 with brand-new ASUS ZenUI 3.0
Dimension
149,5 x 73,7 x 8,55mm
Weight
148g
Warna
Sand Gold, Titanium Gray and Glacier Silver

Kapan tersedia Zenfone 3 Max di Indonesia? Zenfone 3 Max 16GB akan tersedia bulan Oktober, sedangkan seri 32Gb sekitar bulan Desember. Jadi tunggu saja!

Comments

Popular posts from this blog

Kisah Tukang Sapu yang Kehilangan Sapunya

Bisnis Jual-Beli Organ Tubuh Manusia

Di Jalan Surabaya, Berburu CD Bekas Premium