Bekerja, Bermain, Suka-suka dengan Galaxy Note Edge

Spesifikasi Galaxy Note Edge
Sumber: Samsung
Bayangkan jika Anda memiliki Samsung Galaxy Note Edge, apa yang hendak anda lakukan dengan smartphone kelas atas tersebut?

Ini adalah pertanyaan sulit. Pertama sekali Anda belum pernah memegangnya sama sekali. Kedua sebelum menggunakan tentu Anda harus mempelajari fitur-fitur yang ada di Galaxy Note Edge. Ketiga mungkin tidak mudah bagi Anda menggunakan Galaxy Note Edge meskipun anda telah mempelajari fiturnya.

Lalu bagaimana jika saya yang memegang Galaxy Note Edge? Ceritanya akan lain dan mungkin akan seperti yang saya tuliskan berikut ini.

Samsung Galaxy Note Edge seperti yang Anda lihat pada gambar di atas adalah smartphone dengan layar lengkung di sisi kanannya. Galaxy Note Edge pada dasarnya adalah Galaxy Note 4 dengan berbagai tambahan fitur yang bisa ditempatkan di layar lengkung di sisi kanan smartphone.

Sebagai smartphone kelas atas Galaxy Note Edge diberikan spesifikasi  tinggi untuk menunjang kinerjanya. Spesifikasi ini termasuk prosesor quad core 2,7 Ghz, layar seluas 5,6 inchi Quad HD+ Super AMOLED (2560 x (1440+160) yang menjadikannya sangat enak untuk dipandang, kamera belakang berkekuatan 16 megapiksel dengan Smart OIS dan kamera depan untuk selfie dengan kemampuan wide selfie.

Jangan dilupakan dari generasi pertamanya, Galaxy Note sudah menyertakan S Pen yang di generasi keempatnya semakin bagus. S Pen akan mempermudah pengguna dalam menyeleksi teks, menyimpannya dan kemudian membagikannya. Juga dengan S Pen ini Samsung memberikan pengalaman menulis tangan yang makin baik.
Dari perkenalan tersebut di atas terdapat beberapa hal yang  akan saya lakukan dengan Galaxy Note Edge.

      Bekerja
Kemajuan perangkat bergerak seperti smartphone telah mengubah pola banyak orang dalam bekerja. Mereka yang bekerja terutama yang sangat mobile memerlukan sebuah perangkat yang sangat memadai. Galaxy Note Edge sangat mampu untuk melayani tuntutan bekerja ini. Mengirimkan email beserta attachment-nya, menerima email, melakukan hangout (video chatting) dengan teman kantor atau sekadar menyelesaikan pekerjaan seperti membuat janji dengan rekanan bukanlah hal yang sulit untuk diselesaikan.  Sebagai smartphone yang dirancang untuk menangani berbagai tugas secara simultan, Galaxy Note Edge akan bisa membantu saya dalam bekerja, terutama karena layarnya yang bagus dan berukuran besar. Semua review yang saya baca tentang Galaxy Note Edge menilai layarnya sebagai the best.

Sebagai seorang yang bekerja di dunia penerbitan, membaca naskah  adalah tugas utama yang harus saya lakukan. Layar  sangat bagus dan besar dari Galaxy Note Edge akan membantu tingkat keterbacaan teks menjadi lebih baik. Ini akan membuat pekerjaan saya lebih mudah dilakukan. S Pen akan membantu menandai teks-teks yang perlu saya perbaiki atau bahkan bila perlu ditulis ulang. Juga karena storage yang  besar (32GB untuk seri terendah plus tambahan memori eksternal) saya bisa memasukkan berbagai macam file naskah, entah itu berupa word atau PDF ke Galaxy Note Edge untuk kemudian diedit dan dipublikasikan. Bekerja pun dapat dilakukan di mana saja, entah itu sambil duduk di commuterline atau sambil menunggu busway. Selesai mengerjakan naskah tertentu dapat disimpan atau dikirimkan untuk diperiksa atau diedit lagi jika masih ada kesalahan. Mengirimkan via email juga sangat mudah,  tinggal buka email tambahkan attachment dan kirim. Selesai sudah.

Saya tetap beranggapan bahwa bekerja di perangkat mobile sebagai bekerja dengan sesuatu yang juga mobile, seperti email, video chatting dan mengatur janji meeting dengan client. Bekerja serius, butuh banyak resources meskipun pada dasarnya dapat dilakukan di perangkat mobile tetapi terdapat kendala mengenai pembiasaan dan ketersediaan waktu dan tempat, Dengan kondisi tersebut Galaxy Note Edge akan sangat mampu melayani pekerjaan mobile yang dibebankan kepadanya.

       Berkreasi dengan S Pen
Bagi mereka yang suka sketching, Galaxy Note Edge menyediakan pena sylus S Pen untuk melanjutkan hobinya tersebut. Namun sayangnya saya tidak bisa melakukan hal tersebut. Seni, seperti menggambar bukanlah hal yang bisa saya lakukan. Lalu kreasi apa yang akan saya lakukan dengan S Pen?

Seperti telah saya uraikan di atas S Pen bisa digunakan untuk menandai teks sehinga sangat menunjang pekerjaan saya. Ini yang utama. Namun jika tidak bisa sketching bukan berarti S Pen tidak bisa dibawa untuk berkreasi di sisi yang lain. Seperti halnya menandai teks di naskah pekerjaan, S Pen dapat pula digunakan untuk menandai dan meng-copy kalimat tertentu di web dan kemudian dikirimkan, entah itu melalui aplikasi chatting. Ini akan menjadikan chatting menjadi kegiatan yang menarik apalagi kalau teman chatting juga menggunakan S Pen di Galaxy Note Edge.

Selain kemampuan ini, S Pen dapat digunakan untuk memanipulasi foto. Misalnya jika saya ingin berkreasi terhadap foto teman yang diambil dengan kamera Galaxy Note Edge, misalnya mengganti rambutnya, memasangkan topeng atau gambar lain yang bisa ditambahkan ke gambar tersebut. Tentu ini sebuah hal yang tidak bisa dilakukan di smartphone lain dan akan cukup menyenangkan.

Pengguna yang serius dapat juga memanfaatkan berbagai aplikasi untuk S Pen ini yang tersedia di toko Samsung. Beberapa aplikasi untuk S Pen ini antara lain adalah AutoCad 360, CameraAce, SkecthBook Mobile. Dengan berbagai aplikasi ini nantinya, berkreasi dengan S P menjadi tanpa batas. Ke depannya saya percaya akan makin banyak aplikasi yang compatible dengan S Pen ini. Ini artinya pengguna bisa memanfaatkan seluruh fungsi yang ada di S Pen secara maksimal.

Sampai sekarang Samsung terus menambah kemampuan pena stylus S Pen ini. Jika diingat beberapa tahun yang lalu ada yang mengatakan bahwa pena stylus merupakan hal yang kurang menarik untuk ditambahkan di perangkat mobile, ternyata anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. S Pen yang ada di Galaxy Note versi awal sampai dengan Galaxy Note Edge sudah multifungsi, entah itu untuk menulis tangan, sketching, dan tugas lain guna memperlancar pengguna dalam menggunakan perangkat. Tidak lupa juga untuk having fun seperti memanipulasi foto.

            Bermain-main dengan Kamera
Kamera selalu menjadi perhatian pada smartphone kelas atas seperti Galaxy Note Edge ini. Dari seri ke seri, kemampuan kamera yang dibenamkan Samsung ke perangkat Galaxy Note terus membaik, tidak terkecuali di Galaxy Note Edge.

Salah satu keunggulan smartphone kelas atas seperti Galaxy Note Edge ada mode kamera yang beragam. Hal ini akan mempermudah pengguna menghasilkan foto yang paling diinginkan layaknya seorang fotografer profesional.

Samsung memberikan Smart OIS di kamera Galaxy Note Edge sehingga foto yang dihasilkan shake free atau anti goyang. Smart OIS akan menjadikan foto yang saya ambil dan bagi ke media sosial terlihat bagus. Kualitas kamera belakang beresolusi 16 megapiksel merupakan jaminan untuk mengambil foto bagus sebanyak mungkin untuk kemudian dibagi ke media sosial.

Buat yang suka melakukan welfie atau selfie beramai-ramai kamera depan dengan kekuatan 3,7 megapiksel dan wide selfie akan mampu menangkap lebih banyak objek. Jadinya welfie akan makin seru nantinya. Meskipun saya sebenarnya bukanlah penyuka selfie, namun tetap akan saya lakukan di Galaxy Note Edge ini sesekali di saat yang penting seperti meeting dan mengikuti berbagai acara terkait kampanye internet sehat di Indonesia.

Fitur Smart Mode yang ada di Galaxy Note Edge akan saya eksplorasi lebih jauh. Fitur Smart Mode ini menghasilkan 8 foto yang bisa dipilih mana yang terbaik. Smart Mode memberikan berbagai pilihan bagi pengguna Galaxy Note Edge agar bisa menghasilkan foto sepeerti yang dihasilkan oleh fotografer professional. Misalnya fitur Rear cam selfie bisa mengambil foto selfie dengan kamera belakang Galaxy Note Edge. Selain itu fitur Selective Focus membantu pengguna memilih subjek yang ada di foto.

Mungkin tak akan bosan untuk terus mengeksplorasi kemampuan kamera Galaxy Note Edge ini. Biasanya sesuai dengan kebiasaan saya, foto yang dihasilkan kamera smartphone tersebut saya bagi ke media sosial khususnya Twitter. Ini hal yang menyenangkan dan bisa langsung dilihat atau di-retweet atau dikomentari langsung oleh orang banyak.

       Eksplorasi Layar Lengkung yang Unik
Pertanyaan besar di kepala saya adalah mengapa Samsung memberikan layar lengkung di sisi kanan Galaxy Note Edge? Mungkinkah untuk menyesuaikan dengan namanya, yaitu Edge?

Saya masih ingat ketika menggunakan Galaxy Note versi pertama ada fitur Multi Window yang ditawarkan oleh Samsung. Multi Window ini memungkinkan pengguna memilih beberapa aplikasi favorit untuk ditempatkan di window yang berdempetan dengan layar utama. Nantinya tidak usah jauh-jauh lagi memanggil aplikasi favorit tersebut, cukup klik di multi window tersebut.

Perkiraan saya kurang lebih layar lengkung di sisi kanan Galaxy Note Edge ini digunakan untuk fungsi semacam itu. Bedanya, kalau di versi terdahulu berdempetan dengan layar utama, di Galaxy Note Edge dijadikan layar lengkung yang menawan sekaligus mempercantik tampilan Galaxy Note Edge secara keseluruhan.

Melalui layar lengkung ini nantinya pengguna dapat melihat aplikasi favorit, berbagai informasi yang mengalir, entah itu notifikasi pesan, email dan lainnya. Tentu akan sangat mengesankan mengeksplorasi sampai sejauh mana kemampuan layar lengkung Galaxy Note Edge ini.

Jujur mungkin saya akan mengalami sedikit kekagetan menggunakan layar lengkung Galaxy Note Edge ini. Sebagai  smartphone pertama yang memberikan layar lengkung butuh sedikit penyesuaian ketika pertama kali menggunakannya. Namun, biasanya teknologi dapat sangat cepat dipelajari sehingga layar lengkung ini akan menjadi sesuatu yang sangat menarik nantinya. Apalagi jika developer bisa mengembangkan aplikasi tertentu yang cocok dengan layar lengkung ini. Hal ini akan menjadikan layar lengkung Galaxy Note Edge akan sangat powerful.


Demikian sekelumit cerita suka-suka saya tentang  apa yang saya lakukan di Galaxy Note Edge. Masih banyak cerita lain tentang apa yang  bisa saya lakukan di Galaxy Note Edge ini, namun untuk sementara saya simpan dulu. Sementara ini saya akan bermimpi dulu, memimpikan Galaxy Note Edge (:)))

Comments

Popular posts from this blog

Kisah Tukang Sapu yang Kehilangan Sapunya

Bisnis Jual-Beli Organ Tubuh Manusia

Di Jalan Surabaya, Berburu CD Bekas Premium