Google Robot: Apple Makin Tertinggal dari Google

Setelah berkuasa di pasar smartphone dan tablet dengan sistem operasi Android, Google kini mencoba banyak proyek baru yang  tidak masuk akal bagi sebagian besar orang. Proyek-proyek tersebut sebenarnya sudah agak lama dirancang, namun menjadi hits beberapa waktu terakhir karena Google semakin serius untuk mewujudkannya. 

Proyek mobil tanpa supir atau Driverless Car misalnya sudah dimulai pada tahun 2009. Namun beberapa waktu terakhir Google makin serius dengan mengadakan lobi ke beberapa negara bagian agar diberikan izin berada di jalan raya. Selain itu baru-baru ini Google merilis proyek Balon Internet bagi negara yang fakir konektsi internet. Proyek-proyek tersebut dinamakan moon shot karena di luar akal dan mungkin hasilnya baru akan diperoleh 5 atau 10 tahun yang akan datang.


Larry Page CEO Google saat ini pernah mengatakan bahwa:
Technology should be deployed wherever possible to free humans from drudgery and repetitive tasks
 Tampaknya hal tersebutlah yang menjadi acuan bagi banyak proyek Moon Shot Google. Teknologi seharusnya dibuat atau diadakan sedapat mungkin untuk menghindarkan manusia dari kebosanan dan perulangan tugas. Hal ini semakin terlihat dengan dirilisnya proyek baru Google, yaitu Robot Google.

Kemarin, The New York Times merilis sebuah artikel yang kemudian menjadi acuan bagi situs berita lain tentang proyek baru Google ini. Tidak tanggung-tanggung, Google menugaskan Andy Rubin, mantan orang nomor satu di Android untuk mewujudkan proyek ini menjadi kenyataan. 

Rubin dari dulunya memang dikenal sebagai orang yang sangat dekat dengan Robotic sehingga proyek ini dipimpin oleh orang yang sangat tepat. Namun sampai saat ini belum jelas benar apa rencana Google dengan proyek Robot Google ini. Hal yang jelas sebagaimana dicatat oleh The New York Times, dalam setengah tahun terakhir Google telah membeli 7 perusahaan yang terkait dengan Robotic untuk mensukseskan proyek Robot Google ini. Termasuk satu perusahaan yang menghasilkan special effect di film Gravity, yaitu Bot and Dolly.

Proyek Google yang berkapasitas Moon Shot ini membuktikan bahwa Google terus berinovasi di bidang lain dan mencari hal-hal baru bagi solusi masa depan manusia. Hal ini tentu berlawan arah dengan Apple yang sampai saat ini masih fokus di iPhone, iPad dan Mac. Apple tampaknya cukup senang dengan posisi mereka saat ini karena menghasilkan sangat banyak uang bagi mereka, sementara Google sudah cukup nyaman membiarkan beberapa posisi mereka seperti di mesin pencari dan Android, untuk kemudian membuat gebrakan dengan berbagai proyek yang bisa jadi solusi orang banyak termasuk Apple nantinya.

Beberapa waktu sebelum dirilisnya berbagai proyek Moon Shot Google ini, banyak sekali pemerhati teknologi mengatakan bahwa Apple tampaknya mulai didekati bahkan mungkin mulai ditinggalkan oleh Google dalam hal inovasi, meskipun sampai saat ini Apple masih tercatat sebagai perusahaan nomor satu dalam hal inovasi. Berbagai fitur yang ditawarkan Google di Android dan iOS tampak terlihat lebih inovatif dibandingkan yang diberikan oleh Apple. Contohlah aplikasi SIRI versus Google Now. Selain itu desain-desain aplikasi Google yang makin bagus, termasuk iklan-iklan baru Google yang menguras emosi, yang dulunya merupakan ciri khas Apple.

Saya rasa Google berada di jalur yang benar dengan terus menggenjot sisi inovasi yang selama ini menjadi ciri khas Apple. Setidaknya semenjak tahun 2011, saat Larry Page mulai menjadi CEO, Google mulai berbenah dan melihat lebih jauh ke depan, mungkin sekitar 10 tahun ke depan dari sekarang. Proyek Robot Google, seperti dikatakan Andy Rubin adalah proyek jangka panjang, yang hasilnya mungkin saja akan baru bisa dilihat 10 tahun ke depan. Namun hal tersebut tetap dilakukan Google, tapi bukan tanpa kalkulasi. 

Google melihat robotic merupakan solusi bagus untuk berbagai keperluan seperti dalam distribusi barang yang selama ini mengandalkan manusia. Demikian juga di pabrik yang terlalu banyak manusianya sehingga pekerjaan yang berulang kurang efisien.

Visi ke depan inilah yang membuat Google jauh melampaui Apple beberapa waktu terakhir. Meskipun mungkin suatu waktu proyek tersebut bisa gagal, setidaknya Google mencoba menghadirkan dan mewujudkan ide yang paling liar sekalipun, seperti Balon Internet. Hal ini membuat perbedaan  dari Apple, Microsoft dan banyak perusahaan teknologi lainnya.

Perusahaan yang melihat jauh ke depan adalah ciri perusahaan yang akan terus tumbuh. Saya pun tetap percaya, Apple akan tetap tumbuh dan menjadi pemain penting di ranah teknologi, namun produk yang mereka hasilkan dari tahun ke tahun akan menjadi barang biasa. iPhone dan iPad bagaimana pun bentuknya dan canggihnya nanti di tahun 2020 atau 2023, tetaplah hanya iPhone dan iPad, bukan sebuah proyek yang bisa mengundang faktor wow!

Visi ke depan dan berani mencoba berbagai hal yang tak mungkin juga merupakan ciri penting dari seorang wirausaha. Mungkin akan berbeda jika Steve Jobs masih ada di Apple atau bahkan mungkin sama saja. Hal yang jelas, sejauh ini, visi ke depan Apple, inovasi apa yang bisa membawa perubahan bagi orang banyak dalam skala lebih luas sama sekali tidak terlihat setelah  iPhone dan iPad. Apple masih begitu-begitu saja, iPhone, iPad, Mac, iTunes.

Tak salah kiranya jika Apple beberapa tahun ke depan akan tetap seperti saat sekarang adanya. 

Comments

Popular posts from this blog

Bisnis Jual-Beli Organ Tubuh Manusia

Kisah Tukang Sapu yang Kehilangan Sapunya

Di Jalan Surabaya, Berburu CD Bekas Premium