Review Modem: HUAWEI Mobile WiFi E5577C Bundling XL GO 90GB

Modem HUAWEI E5577C
Modem merupakan perangkat kecil yang sangat saya sukai. Dibandingkan dengan berlangganan paket internet melalui kartu di perangkat smartphone, saya sering lebih suka memilih menggunakan modem. Ada beberapa alasan untuk ini, yang pertama adalah lebih hemat baterai smartphone, kedua bisa berbagi koneksi dan ketiga sangat mudah dibawa.

Untuk itu sejak setahun yang lalu saya lebih sering menggunakan modem Wifi, dimulai dengan MiFi M2S dari Smartfren, kemudian M3Y beberapa waktu yang lalu yang juga dari Smartfren dan beberapa hari ini menggunakan modem HUAWEI E5577C yang di-bundling dengan kartu XL Go dari XL dengan kuota 90GB selama 3 bulan. Berikut ini merupakan pengalaman saya menggunakan modem HUAWEI tersebut.

Spesifikasi HUAWEI Mobile Wifi E5577C

Spesifikasi HUAWEI Mobile WiFi E5577C adalah sebagai berikut.

1. Dapat terhubung dengan Tablet, PC, Notebook dan perangkat Wi-Fi lainnya
2. Mendukung LTE cat4 dan kecepatan download hingga 150Mbit/s
3. Mendukung Wi-Fi 2.4 GHz
4. LCD Screen Fashion ID 1.45” TFT
5. Mendukung UI interaktif
6. Memungkinkan hingga 10 perangkat Wi-Fi terhubung di waktu yang bersamaan
7. Mendukung HUAWEI HiLink APP dan Scan 2D barcode agar terhubung ke Wi-Fi dengan cepat 
8. Mendukung double external antenna interface
9. Baterai : 1500 mAh (Maksimum 6 jam LTE working time dan 300 jam stand-by time)

Dari spesifikasi tersebut mungkin tidak ada yang istimewa. Hampir setiap modem yang ada memiliki spesifikasi serupa bahkan mungkin ada yang di atas HUAWEI E5577C, misalnya dari sisi baterai yang lebih besar. MiFi M3Y dari Smartfren memiliki baterai 3000mAh sehingga pengguna tidak perlu repot isi ulang baterai dan bisa dipakai lebih banyak pengguna. Sementara HUAWEI E5577C hanya memungkinkan 10 perangkat. Namun demikian HUAWEI E5577C ini memiliki kelebihan karena bisa di-unlock dan bisa digunakan di berbagai operator termasuk Smartfren meskipun dalam yang saya gunakan merupakan bundling dengan XL Go dari XL.

Desain

Satu kelebihan dari HUAWEI E5577C adalah desainnya yang minimalis dan terlihat elegan. Modem HUAWEI E5577C ini tipis, sangat ringan dan warna putihnya memiliki kesan mewah yang elegan. Segi estetis ini meskipun bukan hal yang krusial, tetap merupakan hal penting dibandingkan dengan MiFi M3Y misalnya yang terasa lebih berat dan tebal padahal dulu MiFi M2S sudah tipis dan ringan. Berikut foto dari HUAWEI E5577C:









Unboxing HUAWEI Mobil Wifi E5577C

HUAWEI Mobile WiFi E5577C ini dijual bundling dengan kartu XL GO seharga Rp749.000,00 oleh XL. Dalam paket pembelian sudah ada kartu XL Go  yang bila diaktifkan akan langsung terisi kuota sebanyak 90GB untuk tiga bulan yang berarti sebulannya ada sebanyak 30GB di mana 6GB untuk koneksi 2G/3G/4G dan 24GB merupakan bonus 4G. 

Boks berwarna putih dan HUAWEI E5577C juga berwarna putih. Di dalam boks sudah tersedia modem HUAWEI E5577, kabel charger (kepala charger tidak termasuk paket pembelian), buku panduan dan kartu garansi. Bagi Anda yang belum terbiasa menggunakan modem MiFi harap dibaca panduan tersebut terlebih dahulu. Setelah itu aktifkan kartu XL Go-nya dengan cara mengirim SMS ke nomor 4444. 

Saya menggunakan smartphone untuk melakukan pendaftaran melalui 4444. Setelah mengirim data yang benar, lalu akan ada SMS konfirmasi. SMS tersebut harus dibalas dengan menyertakan kode ID Pelanggan yang terdapat di sisi kanan boks. Setelah konfirmasi maka kartu akan aktif dan siap digunakan. Atau kalau tidak mau repot, Anda bisa langsung mengaktifkan kartu XL Go tersebut saat membeli modem HUAWEI E5577C di XL Center.

Menggunakan HUAWEI Mobile Wifi E5577C

Ketika pertama kali menggunakan, saya tidak langsung mengecas modem HUAWEI ini. Ada sekitar 50% baterai bawaan pabrik sehingga saya memutuskan menggunakan sisa baterai tersebut terlebih dahulu.

Langkah yang saya lakukan adalah pertama membuka bagian belakang (penutup) modem HUAWEI E5577C. Keluarkan baterai lalu masukkan kartu XL Go lalu masukkan kembali baterai ke posisi semula dan tutup penutup belakang tersebut dan nyalakan dengan menekan tombol power yang ada di bagian atas modem.

Setelah itu tunggu beberapa saat hingga muncul kata WELCOME dan kemudian modem ini mendeteksi sinyal 4G LTE XL di layar LCD kecilnya. Sinyal XL muncul demikian juga dengan password modem HUAWEI tersebut. Untuk menyambungkan perangkat, nyalakan WiFi perangkat kemudian masukkan password yang ada di layar modem. Modem siap untuk digunakan.

Tentu saja karena bundling dengan XL saya harus memastikan bahwa saya tidak salah pilih. Untuk itu saya menguji seberapa cepat kecepatan koneksi 4G LTE XL di dalam ruangan tempat saya bekerja (FYI: Sinyal 4G LTE di ruangan yang muncul hanya XL, operator lain cuma 3G atau 2G bahkan ada yang hilang).  Berikut ini hasil dua kali uji kecepatan koneksi 4G LTE XL di dalam ruangan.

Tes 1 kecepatan 4G LTE XL

Tes 2 Kecepatan 4G LTE XL
Harus saya akui bahwa saya kagum dengan kecepatan koneksi 4G LTE XL yang disajikan melalui modem HUAWEI E5577C ini. Sejauh menggunakan modem, kecepatan yang saya peroleh melalui uji kecepatan tersebut merupakan yang tertinggi yang saya alami. Saat menguji kecepatan koneksi MiFi M2S dan M3Y sinyal 4G LTE Smartfren memang muncul, namun kecepatannya di bawah 10 Mbps.

Kecepatan koneksi XL melalui modem HUAWEI E5577C tersebut kemudian saya uji dengan menonton video kualitas Full HD di YouTube. Video tersebut berjalan tanpa ada waktu tunggu, tidak pernah mengalami buffering saat video dimainkan dan koneksinya tidak menurun (ditandai dengan kualitas layar yang tidak buram). Saya rasa, bundling XL dengan modem HUAWEI E5577C ini merupakan kombinasi yang tepat. Selama penggunaan saya tidak pernah menemui kendala sinyal 4G LTE XL hilang. Download dan upload sangat cepat, stabil.

Untuk memantau penggunaan kuota modem HUAWEI E5577C ini, HUAWEI menyediakan aplikasi yang dapat didownload di PlayStore, yaitu HUAWEI HiLink. Aplikasi ini juga bermanfaat untuk mengganti password default dan berbagai kegunaan lainnya.

tampilan aplikasi Huawei HiLink

Hal yang bagus lagi adalah modem HUAWEI E5577C ini bisa otomatis mati jika tidak ada perangkat yang aktif tersambung. Ini artinya perangkat tersebut akan sleep sehingga akan lebih hemat baterai. Nanti jika ingin tersambung kembali cukup tekan tombol power. 

Sejauh menggunakan modem HUAWEI dalam beberapa hari terakhir saya bisa dikatakan sangat puas. Koneksi 4G XL tidak pernah mengalami gangguan. Tentu saja kecepatan di beberapa titik akan berbeda namun tetap lebih baik dibandingkan dengan modem yang pernah saya gunakan sebelumnya. Berikut ini uji kecepatan di beberapa tempat lain yang saya lakukan.

Kecepatan upload tinggi

Kecepatan download upload
hampir setara

kecepatan download tinggi
Daya Tahan Baterai

Setelah sisa baterai bawaan pabrik menyentuh angka 20%, saya kemudian mengisi ulang baterai modem HUAWEI E5577C ini. Saya melakukan pengecasan pertama ini lebih dari 3 jam. Setelah itu saya gunakan kembali dan kembali menyentuh 20% setelah digunakan lebih dari 7 jam. Untuk catatan, saya hanya menggunakan satu perangkat sejauh ini. Saya rasa karena ukuran baterainya yang kecil sehingga agak terasa lebih cepat habis.

Demikian review Modem HUAWEI Mobile WiFi E5577C. Semoga bisa membantu Anda memilih modem yang terbaik. Perlu saya tambahkan bahwa modem HUAWEI E5577C ini sebenarnya bisa di-unlock, jadi bisa digunakan untuk operator apa saja setelah paket 90GB dari XL habis. Namun melihat stabilnya koneksi 4G LTE XL di lokasi saya dan sejauh ini memang sudah berlangganan XL saya rasa saya tak punya alasan untuk ganti operator. Tambahan lagi mulai bulan ke-4 Anda cukup mengisi Rp125.000 untuk memperoleh paket 30GB sebulan. Saya rasa ini penawaran yang sangat bagus dan sulit untuk ditolak.

Comments

Popular posts from this blog

Kisah Tukang Sapu yang Kehilangan Sapunya

Bisnis Jual-Beli Organ Tubuh Manusia

Di Jalan Surabaya, Berburu CD Bekas Premium