Short Review: Acer Iconia A1-811 Tablet Android Bertenaga dari Acer

Beberapa waktu yang lalu, Acer Indonesia merilis lini produk tablet terbaru di Indonesia dengan kode nama Iconia A1-811. Namanya agak sedikit ribet yah, namun ini mungkin untuk membedakannya dengan seri terdahulu yang hanya memiliki koneksi WiFi.

Tablet Iconia A1-811 ini berlayar 7,9 inchi, aspect ratio 4:3 (sama dengan iPad Mini) dengan Android Jelly Bean 4.2.2 sebagai penggeraknya. Spesifikasinya lengkapnya dapat dilihat sebagai berikut.
Spesifikasi Acer Iconia A1-811 (Klik untuk memperbesar)
Sudah lebih dari sebulan ini saya  menggunakan tablet Acer Iconia A1-811 ini. Ada beberapa aspek yang sangat saya sukai dari tablet ini, yaitu pertama sekali daya tahan baterainya. Dalam rilis promonya Acer memberikan daya tahan baterai 9 jam. 

Dari kondisi baterai penuh sampai sisa 20-18% dengan koneksi WiFi dan kecerahan layar 50% saya bisa terus menggunakan Iconia A1-811 hingga 12-14 jam lebih untuk penggunaan standar. Definisi penggunaan standar di sini adalah download aplikasi, media sosial, ambil beberapa foto, sesekali menonton video YouTube, merekam video, browsing internet via Chrome dan menjalankan berbagai aplikasi seperti Currents, Flipboard, Zite, TuneIn, PhotoGrid, Chatting serta main game seperti Candy Crush Saga, Subway Surf, Fifa14 dan lainnya. 

Perlu dicatat, bahwa saya tidak memakai secara terus-menerus selama 12-14 jam tersebut. Pengalaman saya ketika menggunakan dari kondisi 100% baterai, saya baru melakukan charging pada kondisi 20-18% dua hari kemudian. Jadi perlu dipahami angka 12-14 jam tersebut merupakan penjumlahan dari masa pakai yang saya lakukan di Iconia A1-811.

Sedangkan jika menggunakan koneksi 3G (dalam hal ini saya menggunakan Telkomsel) daya tahan baterai kira-kira 8-9 jam untuk pemakaian standar seperti di atas. Saat menggunakan tablet Android, fokus saya tak banyak, lebih hanya kepada daya tahan baterai karena aplikasi hampir semua standar dan disediakan di Google Play. 

Faktor lain yang saya suka dari Iconia A1-811 ini adalah harganya yang bisa dikatakan miring untuk tablet dengan spesifikasi 1,2 GHz quadcore dengan ROM 16GB. Harganya kurang dari 3 juta rupiah. Dengan kemampuan koneksi 3G HSDPA, Acer Iconia A1-811 ini tergolong murah. Spesifikasi yang sama dengan merek terkenal, saya bisa pastikan harganya lebih dari 3 juta rupiah.

Untuk kemampuan kamera, bisa dikatakan karena sedemikian ribet mengambil foto menggunakan tablet, saya cukup senang dengan hanya 5 megapiksel. Untuk ambil foto saya lebih cenderung menggunakan smartphone, jadi fitur kamera di sebuah tablet bukan menjadi faktor penting bagi saya ketika membeli tablet.

Layarnya juga cukup bagus untuk bermain game. Game seperti Fifa 14 bisa dimainkan dengan sangat mulus berkat prosesor MediaTek 1,2 GHz quadcore. Satu hal yang belum saya lakukan di Acer Iconia A1-811 ini adalah menonton film. Namun saya rasa akan sangat bagus dengan kemampuan sudut pandang 170 derajat, menonton film mungkin akan mengasyikkan.

Bagi saya tablet, bukanlah media untuk menggantikan kinerja laptop atau PC secara penuh. Sama halnya dengan smartphone, tablet lebih sering saya gunakan untuk tetap keep in touch dengan eMail, media sosial, internet, hiburan dan bermain game. Untuk memenuhi keinginan saya tersebut, Acer Iconia A1-811 sangat memadai dan bisa dikatakan melebihi ekspektasi. 

Faktor lain yang saya suka adalah temperatur tablet Icoania A1-811 yang bisa dikatakan tidak panas ketika dipakai cukup lama. Tablet saya terdahulu, sebuah merek dari Korea dan China, bila digunakan dalam waktu yang agak lama, bagian belakang atau back cover-nya terasa sangat panas ketika diraba. Demikian juga dengan Phablet Galaxy Note yang saya pakai. Hal ini tidak saya temukan di Acer Iconia A1-811. Suhunya cukup rendah meski dipakai cukup lama untuk bermain game atau terkoneksi ke internet.

Penting untuk diketahui bahwa tidak ada skin bawaan yang disematkan Acer di Iconia A1-8111. Ada beberapa aplikasi bawaan yang diberikan Acer seperti Acer Life Image, Acer Cloud dan Weather Widget, namun itu dapat dengan mudah di disable. Oleh karena tidak banyak aplikasi mimik marketing, ruang yang tersedia dari ROM 16 GB menjadi sangat luas, sekitar 12 GB.  Apalagi dengan ditambah micro SD Card up to 32 GB, ruang penyimpanan menjadi sangat luas.

Satu hal yang tidak saya temukan di Acer Iconia A1-811 adalah kemampuan Tethering. Saya sudah klaim ke Acer Indonesia kenapa fitur ini tidak ada di tablet yang saya pakai. Saya rasa ini per kasus saja karena setiap Android sudah pasti dilengkapi dengan kemampuan menjadi hotspot portable. Acer melalui akun Twitter-nya berjanji untuk menelusuri hal ini.

Kesimpulannya, jika anda ingin sebuah tablet Android yang cukup murah dan bertenaga serta desainnya berbeda dibandingkan dengan tablet Android lainnya dari sisi aspect ratio, Acer Iconia A1-811 adalah pilihan yang tepat. 

Berikut ini contoh foto yang diambil menggunakan Iconia A1-811.



Foto Acer Iconia A1-811:





So, terima kasih telah membaca review singkat ini. 

Update: Acer Indonesia melalui akun Twitternya mengkorfirmasi bahwa tidak ada fitur Tethering di Acer Iconia A1-811. Acer Indonesia menyarankan untuk mengunduh aplikasi tethering yang ada di Play Store.

Hal ini sebuah kerugian, terutama karena hampir semua tablet Android memiliki fitur tetheringi dan merupakan fitur penting yang tidak boleh dilupakan. Hal ini tentu akan menjadi faktor negatif bagi konsumen untuk membeli Acer Iconia A1-811. 

Baca juga:  Iconia A1-811, Tablet Android Quad Core Terbaru dari Acer Indonesia

Comments

Popular posts from this blog

Kisah Tukang Sapu yang Kehilangan Sapunya

Bisnis Jual-Beli Organ Tubuh Manusia

Di Jalan Surabaya, Berburu CD Bekas Premium