Review Zenfone Max Pro M1 (RAM 4GB/ROM 64GB) Smartphone Gamers Limitless Gaming

Zenfone Max Pro M1 RAM 4GB ROM 64GB

Sebagaimana sudah diketahui bahwa ASUS merilis tiga versi Zenfone Max Pro M1 yang fonemenal di pasar Indonesia berbasiskan RAM dan ROM. Pertama versi terendah RAM 3GB dan ROM 32GB, kedua versi menengah, RAM 4GB dan ROM 64GB dan yang terakhir versi atas dengan RAM 6GB dan ROM 64GB. 

Untuk versi terendah, saya sudah review sebelumnya di SINI.  Nah kali ini yang akan saya tuliskan reviewnya adalah yang versi menengah RAM 4GB dan ROM 64GB.

Pada dasarnya tidak ada perbedaan yang mencolok antara versi 3GB RAM dan 32GB ROM dengan versi 4GB RAM dan 64GB ROM. Secara fisik, bahkan ketiga versi Zenfone Max Pro M1 ini identik. Perbedaan hanya ada pada besarnya ROM, RAM dan kamera di versi teratas yang sebesar 16 megapiksel untuk kamera belakang.

Whats In the Box

Setelah membuka boks, berikut yang ditemukan di dalamnya:

1 smartphone Zenfone Max Pro M1
1 mobile charger dan kabel
1 softcase
1 kitab-kitab dan kartu garansi
1 SIM Card ejector 








Desain dan Hardware

Oleh karena identik dengan versi di bawahnya, design wise tidak ada yang terlalu istimewa dari Zenfone Max Pro M1 RAM 4GB dan ROM 64GB ini. Dengan menggunakan konsep full view 18:9, smartphone ini terlihat panjang dan sangat bagus digenggam meskipun berukuran besar, yaitu 6 inchi. Tingkat ergonomisnya sangat baik, apalagi di paket pembelian disediakan soft case.

Kesimpulan saya sama dengan yang telah saya tuliskan di review sebelumnya. Meskipun bisa dikatakan biasa saja dari sisi desain, namun dari sisi hardware sangat menjanjikan dengan dibenamkannya Snapdragon 636 dan baterai berkekuatan 5000 mAh. 

Zenfone Max Pro M1 memiliki layar full HD+ 2160x1080 seluas 6 inchi. Layar ini sangat jernih dan mudah dibersihkan bahkan dibandingkan dengan Zenfone 3. Meskipun tidak memiliki pelindung Gorilla Glass, layar ini cukup kuat. Layar luas full view ini sangat menguntungkan ketika membaca artikel. Tidak perlu banyak scroll sehingga pengalaman membaca lebih baik. 

Sisi yang sangat patut diperhitungkan dari Zenfone Max Pro M1 ini adalah sisi baterai. Zenfone Max Pro M1 ditenagai oleh baterai dengan kekuatan 5000 mAh. Baterai sebesar ini bisa menjamin pengguna beraktivitas seharian tanpa khawatir kehabisan baterai atau membawa power bank.

Terlebih lagi meskipun memiliki baterai besar, proses pengisian kembali baterai tersebut ternyata tidak lama. Saya melakukan tes pengisian dari posisi 10%. Baterai bertambah menjadi 60% dalam waktu hanya 1 jam dalam kondisi smartphone menyala (tidak dimatikan). Baterai akan terisi penuh dalam waktu sekitar 2,5 jam saja.

Kinerja Keseluruhan

Harapan saya ketika menggunakan Zenfone Max Pro M1 versi menengah ini dengan RAM dan ROM yang lebih besar adalah saya tidak risau dengan storage dan RAM kecil yang bisa memengaruhi kinerja ponsel. Harapan ini terwujud setelah saya menggunakan Zenfone Max Pro M1 4GB RAM dan 64GB ROM. 

Saya merasakan perpindahan antaraplikasi lebih fluid (padahal di versi yang lebih rendah sebelumnya juga sudah baik). RAM yang bertambah 1GB sangat membantu kinerja ponsel menjadi lebih baik lagi. Sedangkan di sisi ROM, sebenarnya 32GB sudah sangat cukup, tetapi saat ini di mana segala data di bawa di ponsel, termasuk lagu dan film, versi 64GB ini akan sangat membantu hal tersebut tanpa khawatir menambah SD Card. Terlebih aplikasi kini makin besar file-nya sehingga memang jika ingin memiliki Zenfone Max Pro M1 saya sarankan yang versi RAM 4GB dan ROM 64GB saja. Storage yang tersedia sebelum ditambahkan apps sebesar 85% dari 64GB.



Sebelum digunakan sehari-hari, seperti biasa saya melakukan pengujian Antutu Benchmark. Hasilnya bisa dilihat berikut ini.








Hasil AnTuTu benchmark agak sedikit rendah dibandingkan dengan versi yang lebih rendah yang pernah saya tes sebelumnya. Namun ini sebenarnya tidak berbeda secara signifikan. Dengan hasil AnTuTu Benchmark sebesar ini, Zenfone Max Pro M1 4GB dan 64GB menjanjikan kinerja yang mulus dan tanpa shutter lag. 

Dalam pemakaian sehari-hari hal ini menjadi kenyataan. Saya merasakan kinerjanya sangat bangus. Perpindahan antaraplikasi sedemikian fluid dan gegas. Membuka game misalnya Real Racing 3 yang besarnya sekitar 2GB lebih sangat cepat. Bila biasanya harus menunggu beberapa lama baru kemudian bisa main game, dengan Zenfone Max Pro M1 versi 4GB RAM dan 64GB ROM ini hal tersebut tidak terjadi. Game terbuka dengan cepat  dan dapat dimaikan dengan segera.

Ketika bermain game pun terasa konsisten, tidak patah-patah dan no lag. Game berat seperti Real Racing 3 dan Aspalth 8 Airbone misalnya dapat dimainkan dengan mulus dan dalam waktu yang lama tanpa khawatir suhu ponsel naik secara tidak wajar.

Sebagaimana diketahui, ASUS memberikan motto Limitless Gaming untuk Zenfone Max Pro M1 ini. Ini artinya pengguna tidak perlu khawatir kebiasaan nge-game dalam jangka waktu lama dibatasi. Dengan ditunjang oleh prosesor hemat daya Snapdragon 636 dan baterai berkekuatan besar 5000 mAH, pengguna bisa memainkan game tanpa harus khawatir sering mengisi baterai. Ini sebuah keuntungan yang sangat bagus, terutama sekarang ini bermain game di ponsel adalah kegiatan hampir semua pengguna. Istilah kerennya, baterai Zenfone Max Pro M1 ini tak habis-habis walau sampai bosan memainkan berbagai game.

Salah satu  keuntungan lain memiliki Zenfone Max Pro M1 ini adalah kualitas layarnya yang baik. Zenfone Max Pro M1 memiliki layar full HD+ 2160x1080 seluas 6 inchi. Kualitas layar HD+ ini menjamin layar yang tajam dan asyik digunakan untuk menonton video di YouTube, Netflix dan streaming siaran bola misalnya. Layar luas ini juga tak begitu memiliki pengaruh besar terhadap kinerja baterai.

Selain tugas-tugas berat seperti di atas, tentu saja Zenfone Max Pro M1 akan dengan mudah melibas tugas-tugas kecil lain, seperti emai, chatting, perpesanan, dan Maps. Saya yang suka sekali membaca berita di ponsel juga terbantu dengan layar lebar Zenfone Max Pro M1 sehingga tidak perlu banyak scroll. Tugas ini dapat dengan mudah diselesaikan. 

Dapat saya simpulkan, bila pengguna ingin memiliki sebuah smartphone yang bisa diajak untuk bermain game cukup lama tanpa harus sering isi baterai, Zenfone Max Pro M1 ini adalah pilihan terbaik dengan harga yang sangat ramah di kantong.


Kinerja Baterai

Seperti telah saya ceritakan sebelumnya, kelebihan Zenfone Max Pro M1 ini ada pada baterai yang berkekuatan besar, yaitu 5000 mAh. Baterai ini menjamin pengguna bisa menggunakan smartphone seharian tanpa harus bawa power bank atau mengisinya dalam satu hari tertentu. Pengalaman saya adalah saya mengisi baterai 100% di pagi hari dan kemudian Zenfone Max Pro M1 dibawa untuk bekerja atau bermain seharian. Sampai di rumah lagi malam hari, baterainya masih cukup banyak tersisa. 

Pemakaian smartphone tentu saja untuk berbagai tujuan, yang utama menunjang kerja seperti email, chatting, download dokumen, media sosial, maps dan kegiatan lain seperti mendengarkan lagu dan menonton video serta mengambil foto. Berikut ini screenshot kinerja baterai Zenfone Max Pro M1 4GB RAM dan 64GB ROM.



Screen shot pertama menunjukkan sehari lebih dari kondisi full charge dengan waktu di layar 6 jam 17 menit, sedangkan screen shot kedua menunjukkan hampir dua hari dari kondisi full charge dengan waktu di layar kurang lebih sama. Pengguna moderate seperti saya sangat terbantu dengan kinerja baterai Zenfone Max Pro M1 yang sangat baik ini dan akan terus membaik seiring adanya update dari ASUS.

Kinerja Kamera

Satu hal yang saya sangsikan dari Zenfone Max Pro M1 ini adalah kinerja kamera. Zenfone Max Pro M1 sebagaimana seri Zenfone Max sebelumnya ditujukan bagi kinerja baterai dan kemudian diperluas ke gaming oleh Asus melalui Zenfone Max Pro M1. 

Saat menguji versi RAM 3GB dan ROM 32GB terdahulu, saya merasakan ada sedikit kekecewaan karena hasil fotonya bisa dikatakan biasa saja. Namun seiring waktu dan update serta perbaikan yang dilakukan oleh ASUS, hasil foto di Zenfone Max Pro M1 ini sudah sangat meningkat dari versi awal dan ini terbukti pada Zenfone Max Pro M1 versi RAM 4GB dan ROM 64GB ini. 

Foto yang dihasilkan di saat cahaya banyak bisa dikatakan bagus. Dengan kamera berkekuatan 13 megapiksel hasil fotonya bisa dikatakan bagus meskipun bukan istimewa. Dan lagi sebagaimana yang dikatakan ASUS, Zenfone Max Pro M1 adalah smartphone untuk kinerja dan gaming sehingga hasil foto bukan pertimbangan penting. Sebab lain ada seri Zenfone khusus yang ditujukan untuk kamera yaitu Zenfone 5. Berikut ini merupakan foto hasil bidikan Zenfone Max Pro M1.














Sebagian besar foto di atas diambil dengan mode auto. Perlu diingat Zenfone Max Pro M1 hanya menyediakan beberapa pilihan untuk mengambil foto dan tidak tersedia foto manual sehingga kalau bukan auto, saya biasanya menggunakan mode HDR. 

Untuk hasil video, saya ambil pertunjukan hewan di Taman Safari dengan kualitas Full HD. Berikut ini videonya:




Dari foto dan video di atas, saya berkesimpulan bahwa Zenfone Max Pro M1 ini merupakan smartphone serba bisa dengan harga yang sangat rasional. Smartphone ini bisa diajak untuk bermain game cukup lama hingga bosan, namun di sisi lain seperti kemampuan kamera juga tidak kalah bagusnya. Video di atas saya ambil dengan mode pembesaran karena saya berada sekitar 5-6 meter dari objek tanpa menggunakan stabilizer. Saya rasa hasilnya sangat bagus dan tidak mengecewakan.

Kesimpulan

Banyak pengguna bimbang ketika akan memilih smartphone yang hendak dibeli. Ini sesuatu yang wajar sejak sedemikian banyak merek yang ada di pasar. ASUS kini menghadirkan Zenfone dengan harga yang lebih murah daripada pesaingnya dengan spesifikasi sama atau lebih baik. 

Zenfone Max Pro M1 merupakan upaya ASUS merebut kembali pasar di Indonesia. Smartphone ini telah dibekali prosesor terkini dan baterai berkekuatan besar untuk menunjang kinerja seharian dan bermain game tanpa putus. Bagi pengguna yang ingin kinerja smartphone bagus, untuk bermain game bagus dan harga yang terjangkau, Zenfone Max Pro M1 versi RAM 4GB dan ROM 64GB ini adalah pilihan teratas. Harganya juga sangat terjangkau.

Demikian review Zenfone Max Pro M1 Ram 4GB dan ROM 64GB. Semoga bisa membantu keputusan pembelian Anda.

Desain : * * *
Kinerja : * * * * *
Kinerja Baterai : * * * * *
Kamera : * * * *
Harga: *****


Comments

Popular posts from this blog

Kisah Tukang Sapu yang Kehilangan Sapunya

Bisnis Jual-Beli Organ Tubuh Manusia

Di Jalan Surabaya, Berburu CD Bekas Premium